3 Trend Kesehatan Holistik Sepanjang tahun 2023, Apa Sajakah?

Tahun 2023 telah tiba, meski pandemi telah usai, kita tak boleh lengah dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Bukan hanya aspek fisik, namun kesehatan pikiran dan jiwa juga penting untuk dijaga agar dapat menjalani hidup yang lebih bugar dan produktif. Meski masih berada di awal tahun, sejumlah ahli kesehatan telah menyampaikan beberapa cara yang bisa ditempuh agar bisa mendapatkan kesehatan secara holistik di 2023 ini.

Di tengah banyaknya cara yang bisa dilakukan, beberapa metode ini menjadi trend kesehatan holistik yang bisa kamu ikut. Penasaran ada apa saja? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Menjaga istirahat dan tidur

Trend kesehatan holistik pertama yang bisa kamu ikuti adalah dengan menjaga istirahat dan tidur yang cukup. Mungkin terdengar sederhana, namun hal ini bisa sangat berdampak pada kesehatan kamu secara menyeluruh. Dengan menjaga istirahat dan tidur tetap cukup, tubuh kamu akan terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes, dan berbagai gangguan pada usus.

Tidur malam yang cukup juga bisa membantu kamu dalam mengurangi rasa cemas sehingga hidup bisa dijalani dengan lebih tenang dan produktif. Tak heran, trend yang satu ini banyak dipandang sebagai pilar utama dalam manajemen gaya hidup sehat.

2. Kembalinya popularitas yoga

Karena gym banyak dinilai terlalu berat oleh sebagian orang dan beban latihannya yang melelahkan, popularitas yoga diprediksi akan kembali pada tahun 2023 ini. Meski gerakannya terlihat lebih sederhana, namun melakukan yoga secara rutin telah lama dipercaya bisa membantu mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat.

Gerakan-gerakan seperti pernapasan, peregangan, dan meditasi di dalam yoga juga bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan secara holistik baik dari segi fisik maupun pikiran dan jiwa. Jangan ragu untuk luangkan waktu di pagi hari untuk melakukan yoga secara rutin di tahun 2023 ini.

BACA JUGA  Manfaat Akupuntur untuk Pengendara Sepeda

3. Berhenti Makan Setelah Matahari Terbenam

Selama ini mungkin banyak orang yang menyepelekan soal waktu makan, padahal, dilansir dari laman The Indian Express, Dr Mickey Mehta menyampaikan bahwa ketika matahari terbit sistem pencernaan bekerja dengan sangat optimal, sedangkan ketika matahari terbenam, sekresi cairan pencernaan akan berkurang. Hal tersebutlah yang menyebabkan makanan yang dikonsumsi setelah matahari terbenam akan sulit dicerna dan menyebabkan penumpukan racun serta kalori di dalam tubuh.

Semua hal tersebut bisa mengganggu kesehatan usus yang merupakan penyebab dari berbagai penyakit kronis. Oleh karena itu, sebaiknya selesaikan makan berat kamu sebelum matahari terbenam agar kesehatan tubuh bisa tetap terjaga.

Itu dia beberapa trend kesehatan holistik yang populer sepanjang tahun 2023 ini. Di tahun yang baru, sudah bukan masanya lagi untuk mengabaikan kesehatan tubuh, pikiran, dan jiwa secara keseluruhan. Dengan beberapa cara paling sederhana seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, serta diimbangi dengan gaya hidup sehat, kamu bisa dengan mudah menjalani hidup yang lebih bugar dan produktif.

Kalau kamu masih kesulitan untuk menemukan gaya yang pas dalam menjaga kesehatan, jangan ragu untuk mengonsultasikan masalah tersebut dengan dokter atau ahli kesehatan. Perlu diingat juga bahwa menjaga kesehatan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan setiap hari, jadi jangan abaikan hal ini, ya.

TERBARU

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Rempah-rempah ini lebih baik digunakan daripada produk...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan komplementer untuk mengatasi gejala dan efek samping dari perawatan kanker. Pengobatan alternatif biasanya tidak diberikan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...