Ampuh! 4 Makanan Pereda Nyeri PMS

Makanan pereda nyeri – Perut tidak nyaman dan terkadang sampai terasa nyeri, kaku, dan kram dirasakan oleh wanita saat “kedatangan tamu” khusus tiap bulan. Masa sebelum haid atau dikenal sebagai PMS yang menyebabkan rasa nyeri itu datang dikarenakan menurunnya hormon esterogen pada tubuh.

Rasa nyeri yang ditimbulkan membuat keadaan tidak nyaman bahkan mengganggu aktivitas yang dijalani para wanita. Salah satu cara simpel yang dipilih untuk meredakan nyeri tersebut adalah dengan meminum obat. Namun, meminum obat pereda nyeri menstruasi tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sangatlah tidak dianjurkan. Mengkonsumsi obat bisa menimbulkan efek samping yang dapat dirasakan oleh tubuh.

Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi obat lebih baik mengonsumsi makanan pereda nyeri saat PMS yang akan dijelaskan di bawah ini. Berikut daftar makanan pereda nyeri PMS.

Makanan Pereda Nyeri PMS

1. Pisang

Buah pisang memang kaya akan manfaat. Kandungan potasium yang terdapat pada pisang cukup tinggi. Potasium sendiri dikenal sebagai zat yang dapat meringankan kram pada tubuh. Coba untuk mengonsumsi pisang 1 atau 2 buah sebagai pereda nyeri pada saat PMS.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang dimaksud adalah brokoli, bayam, sawi, dan kubis. Sayuran hijau yang mengandung zat kalsium, magnesium, dan kalium terbukti ampuh meredakan nyeri saat PMS.

3. Makanan yang Mengandung Omega 3

Membahas tentang omega 3 yang langsung ada di benak sobat sehat pastinya adalah ikan salmon. Mengutip dari International Journal of Gynecology & Obstetrics wanita yang mengonsumsi ikan dengan kandungan omega 3 di dalamnya berpotensi mengalami nyeri saat PMS atau menstruasi lebih ringan.

Omega 3 tidak hanya terdapat pada ikan salmon saja. Tapi pada ikan lain juga, seperti,  ikan makarel dan  ikan kembung. Sedangkan bagi wanita yang kurang menyukai ikan bisa menkonsumsi sayuran. Misalnya, biji rami, kedelai, kembang kol, dan biji kenari untuk mendapatkan asupan Omega 3.

BACA JUGA  Vertigo: Penyebab dan Cara Mengobatinya

4. Dark Chocolate

Siapa sih yang tidak suka dengan coklat? Ternyata dark chocolate juga bisa menjadi opsi makanan pereda nyeri PMS. Kandungan antioksidan yang tinggi sebagai pelancar sirkulasi darah dan mengandung magnesium dapat mengurangi nyeri saat PMS.

Saat memakan coklat tubuh menghasilkan hormon endorfin, dopamin, dan oksitosin yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Dengan demikian dapat membuat mood sobat sehat bahagia terus dan terhindar dari stres.

TERBARU

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Rempah-rempah ini lebih baik digunakan daripada produk...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan komplementer untuk mengatasi gejala dan efek samping dari perawatan kanker. Pengobatan alternatif biasanya tidak diberikan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...