4 Manfaat Akupuntur untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui!

Manfaat akupuntur untuk kesehatan telah menjadi topik menarik dalam pengobatan. Metode ini menggunakan jarum pada titik-titik tubuh untuk merangsang sistem saraf dan memicu mekanisme penyembuhan alami.

Penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat meredakan nyeri, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stres, serta mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya. Dengan melansir laman Kontan, dalam artikel ini, kita akan menjelajahi manfaat akupuntur secara lebih mendalam untuk pemahaman yang lebih baik.

1. Dapat diintegrasikan dengan pengobatan lain

Manfaat akupuntur untuk kesehatan tidak hanya berdiri sendiri, tetapi juga dapat diintegrasikan dengan pengobatan lain secara efektif. Akupuntur sering digunakan sebagai pendekatan komplementer dalam perawatan medis konvensional, seperti pengobatan nyeri, rehabilitasi fisik, dan manajemen stres.

Baca juga: 5 Rekomendasi Obat Mual Alami Paling Ampuh: Mulai Jahe Hingga Akupuntur

- Advertisement -

Dalam kombinasi dengan terapi lain, akupuntur dapat memberikan manfaat tambahan yang signifikan. Misalnya, pada pasien yang menjalani kemoterapi, akupuntur telah terbukti mengurangi mual dan muntah yang berhubungan dengan efek samping pengobatan. Dengan menggabungkan akupuntur dengan pengobatan lain yang relevan, pasien dapat memanfaatkan kekuatan gabungan dalam mencapai kesehatan dan kesejahteraan yang optimal.

2. Efektif dalam mengelola nyeri kronis, migrain, dan sakit kepala

Melalui stimulasi titik-titik khusus di tubuh, akupuntur merangsang pelepasan endorfin dan neurotransmiter lain yang mengurangi sensitivitas terhadap nyeri dan menciptakan respons relaksasi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa salah satu manfaat akupuntur untuk kesehatan adalah dapat mengurangi frekuensi dan intensitas migrain serta memberikan peredaan signifikan pada sakit kepala kronis.

Baca juga: Cara Alami Obati Kepala yang Sakit dengan Bahan Herba

Dengan demikian, akupuntur menjadi alternatif efektif untuk mengatasi nyeri kronis, migrain, dan sakit kepala tanpa ketergantungan pada obat penghilang rasa sakit.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Mengobati Vaginismus secara Alami? Simak dalam Artikel ini

3. Punya efek samping yang rendah

Salah satu keunggulan utama akupuntur adalah memiliki risiko efek samping yang rendah. Dibandingkan dengan banyak metode pengobatan konvensional yang menggunakan obat-obatan, akupuntur tidak melibatkan penggunaan bahan kimia atau obat-obatan yang dapat menimbulkan efek samping yang merugikan.

Prosedur akupuntur dilakukan dengan menggunakan jarum steril yang dimasukkan dengan hati-hati ke dalam titik-titik tertentu di tubuh, sehingga risiko infeksi juga sangat minim. Dalam tangan yang terampil dan terlatih, akupuntur memberikan pendekatan yang aman dan relatif bebas risiko untuk meningkatkan kesehatan dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

4. Bisa mengatasi gejala beberapa penyakit sekaligus

Manfaat akupuntur untuk kesehatan tidak terbatas pada satu penyakit atau kondisi tertentu, melainkan memiliki fleksibilitas yang luas dalam pengobatan berbagai masalah kesehatan. Bentuk pengobatan akupuntur dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu, baik itu untuk mengatasi nyeri kronis, gangguan pencernaan, gangguan tidur, masalah kecemasan dan depresi, serta banyak lagi.

Selain itu, akupuntur juga dapat digunakan sebagai pendekatan holistik untuk meningkatkan keseimbangan energi tubuh secara keseluruhan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan pendekatan yang fleksibel, akupuntur memberikan manfaat yang beragam bagi kesehatan secara menyeluruh.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...