Banyak yang mengatakan bahwa virus corona merupakan penyakit yang disebabkan oleh hewan. Saat ini memang virus corona sedang menjadi buah bibir setelah berhasil membuat banyak orang kehilangan nyawa. Virus ini tergolong cukup berbahaya jika menginfeksi manusia. Seperti yang banyak diberitakan bahwa virus corona yang berbahaya ini berasal dari hewan kelalawar. Mungkin banyak yang tidak menyangkan akan hal ini.  Selain virus corona, ada beberapa virus yang disebabkan oleh hewan diantaranya sebagai berikut.

DIDUKUNG OLEH:

Daftar Virus Penyakit Yang Disebabkan Oleh Hewan

Rabies

Penyakit rabies tentu sudah banyak yang pernah mendengarnya. Ya, penyaktit ini akan menyerang bagian sistem saraf mamalia termasuk manusia. Biasanya, penyakit ini akan menular ketika digigit oleh hewan yang terinfeksi virus. Untuk itu, bagi yang memelihara hewan di rumah, sangat disarankan untuk rutin memeriksakan kesehatan hewan peliharaannya. Anjing merupakan hewan yang rentan untuk menyebarkan penyakit ini. Vaksinasi menjadi pilihan yang tepat untuk mencegah penyakit rabies.

Flu Burung

Penyakit flu burung juga tidak kalah berbahayanya. Beberapa waktu yang lalu, di Indonesia juga sempat dihebohkan dengan penyakit yang satu ini. Ini disebabkan karena banyak masyarakat di Indonesia yang memelihara hewan seperti burung hingga ayam. Penyebaran penyakit ini bisa melalui mulut, hidung hingga mata. Jadi ketika seseorang menghirup udara dari hewan yang tengan terinfeksi virus, itu memungkinkan untuk terserang penyakit ini.

Filariasis

Mungkin kebanyakan orang lebih mengetahui penyakit ini dengan nama kaki gajah. Penyebutan ini berdasarkan efek yang timbul dari penyakit ini berupa kulit yang menebal dan mengeras hingga berukuran besar. Penyebaran penyakit ini banyak melalui gigitan nyamuk yang turut menyebarkan cacing parasit.

Leptospirosis

Namanya memang masih terdengar asing di telinga masyarakat umum. Penyakit ini merupakan infeksi bakteri seperti halnya meningitis. Penyakit ini bukan semarangan, karena akan fatal jika tidak ditangani dengan baik. Penyebaran penyakit ini berasal dari urin hewan yang terinfeksi baik urin yang bercampur dengan air ataupun tanah. Bakteri akan masuk melalui luka yang terdapat pada kulit manusia.