4 Rekomendasi Bahan Herbal untuk Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah organ penting dalam tubuh manusia yang berperan dalam penyaringan darah, mengatur keseimbangan air dan elektrolit, serta membuang limbah dari tubuh. Namun, faktor gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang buruk seringkali dapat mengakibatkan masalah kesehatan pada ginjal. Untungnya, alam menyediakan solusi alami melalui penggunaan herbal untuk menjaga kesehatan ginjal.

Herbal telah lama dikenal karena sifat penyembuhannya yang efektif dan tanpa efek samping yang serius. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa herbal yang telah terbukti bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Dari bratawali hingga triphala, dengan melansir laman Hindustan Times, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya.

Baca juga: 5 Olah Raga Ini Baik Dilakukan bagi Penderita Sakit Ginjal

Bratawali

Bratawali, yang juga dikenal sebagai Tinospora cordifolia, merupakan tanaman herbal untuk kesehatan ginjal yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Selain memiliki beragam manfaat kesehatan, bratawali juga terkenal karena kemampuannya melindungi ginjal dari toksisitas aflatoksin.

- Advertisement -

Salah satu komponen aktif dalam bratawali adalah alkaloid. Alkaloid tersebut memiliki sifat antioksidan yang kuat, yang membantu melawan efek berbahaya radikal bebas yang dihasilkan selama aflatoksikosis. Dalam proses ini, bratawali bekerja sebagai agen pembersih, membantu menghilangkan radikal bebas dan melindungi jaringan ginjal dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidasi.

Kunyit

Kunyit, yang juga dikenal sebagai Curcuma longa, merupakan rempah-rempah yang telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan dan masakan di berbagai budaya. Selain memberikan rasa dan aroma khas pada makanan, kunyit juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan, termasuk potensi untuk meningkatkan fungsi ginjal pada pasien dengan diabetes tipe 2 (T2DM).

Baca juga: 4 Obat Herbal ini Disebut Ampuh Atasi Diabetes Tipe 2

BACA JUGA  Delapan Alasan Menyingkirkan Susu dari Menu Anda

Jahe

Jahe, yang juga dikenal sebagai Zingiber officinale, telah lama digunakan sebagai rempah-rempah dan obat tradisional dalam berbagai budaya. Selain memberikan rasa pedas dan aroma khas pada makanan, jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri pada ginjal yang disebabkan oleh infeksi.

Salah satu komponen aktif dalam jahe, yaitu gingerol, memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Gingerol bekerja dengan menghambat produksi senyawa inflamasi seperti prostaglandin dan leukotrien, yang berperan dalam merespons infeksi dan menyebabkan peradangan.

Triphal

Triphala adalah sebuah ramuan herbal yang terdiri dari tiga buah, yaitu Amalaki (Emblica officinalis), Bibhitaki (Terminalia bellirica), dan Haritaki (Terminalia chebula). Ramuan ini telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda selama berabad-abad dan dianggap sangat baik untuk meningkatkan fungsi alami ginjal.

Kombinasi ketiganya dipercaya dapat memperkuat jaringan ginjal, meningkatkan protein plasma, albumin, kreatinin, dan meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan. Oleh karena itu, herbal untuk kesehatan ginjal ini bisa menjadi pilihan alternatif yang tepat jika Anda ingin mencoba pengobatan non medis.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...