5 Ilmuwan Mempertimbangkan Akupuntur

5 Ilmuwan Mempertimbangkan Akupuntur – Jutaan orang Amerika beralih ke akupuntur setiap tahun untuk mengobati nyeri kronis dan bahkan depresi. Baru-baru ini, para peneliti di Universitas Rutgers melaporkan bahwa menggabungkan jarum akupuntur dengan arus listrik dapat menghasilkan pengobatan baru untuk peradangan parah. Namun banyak ilmuwan melihat dengan skeptis pada praktik tersebut.

Mungkin belum ada keputusan yang jelas, tetapi Scientific American MIND telah mengumpulkan beberapa ahli untuk berbagi pandangan mereka. Ini termasuk ahli akupuntur Hugh MacPherson, peneliti senior di University of York di Inggris.

Kemudian Edzard Ernst, profesor emeritus kedokteran komplementer di Universitas Exeter, Shu-Ming Wang dari Departemen Anestesiologi dan Perawatan Perioperatif di University of California, Irvine, School of Medicine.

Lalu ada farmakolog David Colquhoun di University College London, juga penulis blog DC’s Improbable Science; dan Harriet Hall, pensiunan dokter keluarga dan ahli bedah penerbangan Angkatan Udara AS yang menulis kolom SkepDoc di majalah Skeptic.

- Advertisement -

5 Ilmuwan Mempertimbangkan Akupuntur

MacPherson

Ada bukti kuat bahwa akupuntur efektif untuk kondisi nyeri kronis. Untuk depresi, kami memiliki bukti bahwa akupuntur adalah tambahan yang berguna untuk perawatan konvensional. Dalam satu percobaan baru-baru ini pasien antidepresan yang menerima akupuntur secara signifikan lebih baik daripada mereka yang hanya minum obat. Pasien yang menerima konseling selain pengobatan mereka menerima manfaat yang sama dengan kelompok akupuntur.

Ernst

Sebagian besar penelitian yang meneliti efektivitas akupuntur tidak teliti. Mereka yang lebih teliti gagal menunjukkan bahwa akupuntur lebih dari sekadar plasebo dalam mengelola depresi.

Wang

Pendapat saya adalah bahwa stimulasi akupuntur memicu pelepasan hormon yang bermanfaat dan, secara teoritis, dapat berfungsi sebagai penstabil suasana hati.

BACA JUGA  Akupuntur Untuk Mual Selama Kehamilan

Colquhoun

Akupuntur tidak berfungsi, yang berarti semua diskusi tentang cara kerjanya tidak relevan. Saya tidak mengetahui adanya bukti bahwa akupuntur bekerja untuk depresi.

Hall

Bukti yang dipublikasikan tentang akupuntur menunjukkan bahwa itu mungkin membantu untuk rasa sakit dan mungkin untuk mual dan muntah pasca operasi, tetapi tidak untuk indikasi lain. Semua bukti sesuai dengan hipotesis bahwa akupuntur tidak lebih dari plasebo.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...