5 Manfaat Kesehatan Akupuntur untuk Anjing – Akupuntur hampir tidak menimbulkan rasa sakit untuk hewan kecil, dan banyak pemilik menemukan hewan peliharaan mereka menjadi santai atau bahkan mengantuk ketika jarum di tempat.

Tapi perasaan seperti kesemutan atau mati rasa telah dicatat pada pasien akupuntur manusia, sehingga beberapa hewan mungkin menunjukkan sedikit ketidaknyamanan dari sensasi baru. Perkembangan baru dalam akupuntur hewan adalah penggunaan laser sebagai pengganti jarum untuk pengalaman yang sama sekali tidak menyakitkan.

Tidak seperti beberapa perawatan medis, ada risiko yang sangat rendah dari efek samping dari akupuntur yang dilakukan dengan benar. Akupuntur hewan hanya boleh dilakukan oleh ahli akupuntur hewan bersertifikat yang terlatih dalam pengobatan hewan tradisional Tiongkok (TCVM). Seringkali, dokter hewan yang mempraktikkan TCVM menggabungkan akupuntur dan perawatan holistik lainnya dengan rencana perawatan yang lebih tradisional.

DIDUKUNG OLEH:

5 Manfaat Kesehatan Akupuntur untuk Anjing

1. Mengatasi nyeri adalah salah satu kegunaan akupuntur yang paling umum, seringkali bersamaan dengan rencana perawatan yang lebih tradisional. Perawatan medis yang kuat seperti kemo, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan, sering dipasangkan dengan akupuntur untuk membantu membuat hewan peliharaan lebih nyaman dan mampu melawan penyakit.

2. Masalah muskuloskeletal seperti radang sendi, displasia pinggul, atau cedera saraf dapat merespons akupuntur. Ini sering digunakan selama rehabilitasi setelah cedera. Memantau dengan cermat hewan peliharaan yang menyembuhkan itu penting; tanpa rasa sakit, anjing dapat kembali melukai dirinya sendiri dengan aktivitas yang berlebihan.

3. Masalah kulit seperti dermatitis alergi, granuloma, atau hot spot dapat merespon dengan baik terhadap pengobatan akupuntur karena peningkatan sirkulasi dapat meningkatkan penyembuhan, sementara pengurangan rasa sakit akan mengurangi respons overgrooming atau gatal pada anjing.

BACA JUGA  Manfaat Akupuntur Untuk Penyakit Usus Buntu

4. Masalah gastrointestinal seperti mual dan diare dapat dibantu oleh peningkatan aliran darah dari akupuntur. Ini juga dapat membantu menormalkan aktivitas pencernaan dengan merangsang sekresi pencernaan.

5. Masalah pernapasan seperti asma dan alergi bisa mendapat manfaat dari kemampuan akupuntur yang menenangkan kekebalan dan anti-inflamasi, sumber petcarerx.com.