5 Ribu Kasus COVID-19 Bertambah, Alat Kesehatan Ini Wajib Ada di Rumah

Sejak awal virus corona memasuki Indonesia hingga kini masa pasca pandemi, menjaga kesehatan tubuh menjadi tantangan bagi masyarakat di seluruh dunia. Varian virus yang kian berkembang dan makin ganas dari sebelumnya menjadi alarm bagi kita semua untuk senantiasa waspada dan melakukan berbagai pencegahan sedini mungkin.

Sejak terbitnya Perpu Nomor 1 Tahun 2020 yang mengatur tentang kebijakan keuangan negara dan stabilitas keuangan untuk penanganan pandemi COVID-19, masyarakat dianjurkan untuk menaati protokol kesehatan. Beberapa di antaranya adalah mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas.

Selain menaati protokol kesehatan salah satu bentuk proteksi lainnya yang bisa dilakukan adalah memiliki alat kesehatan sebagai upaya dalam pencegahan penularan COVID-19. Berikut beberapa alat kesehatan yang perlu dimiliki di rumah dalam upaya pencegahan COVID-19.

  1. Tensimeter

Dilansir dari Healthcare Insights, tensimeter atau alat untuk mengukur tekanan darah penting untuk mengetahui kadar tensi. Terutama bagi penderita hipertensi, tekanan darah rendah, penyakit jantung, atau stroke.

Memiliki alat kesehatan ini disaat pandemi dapat mempermudah kita dalam pemantauan tekanan darah setelah minum obat. Kita dapat mengetahui apakah obat yang diminum sudah tepat. Baik jenis manual maupun digital tensimeter relatif praktis digunakan.

  1. Termometer

Termometer menjadi alat penting di masa pandemi COVID-19. Dengan termometer, kita bisa mengetahui suhu tubuh apakah sedang dalam kondisi demam atau tidak. Demam menjadi salah satu indikasi penanda infeksi virus corona.

Apabila hasil pengukuran menunjukkan angka yang tidak normal, sebisa mungkin mencatat hasilnya dan gunakan hasil deteksi mandiri tersebut saat konsultasi ke dokter agar tenaga kesehatan professional bisa memiliki gambaran diagnosis yang lebih tepat. Terdapat beberapa jenis termometer seperti termometer yang menggunakan air raksa dan jenis digital yang relatif lebih mudah digunakan.

  1. Pulse oximeter
BACA JUGA  Mengenal dan Memahami Fungsi Alat Kesehatan di Rumah Anda

Dilansir dari Healthline, oximeter bisa digunakan untuk mengetahui tingkat oksigen di dalam darah seseorang. Kadar oksigen dalam darah merupakan salah satu indikasi penting untuk melihat kesehatan tubuh seseorang.

Mengutip dari laman Ciputra Hospital, kadar saturasi oksigen dalam darah dikatakan normal ketika level oksigen dalam darah tersebut berada di 96% ke atas, sedangkan pada pasien penderita COVID-19 kadar oksigen tersebut bisa menurun hingga lebih rendah dari 94%.

Penurunan kadar oksigen di bawah 94% merupakan indikasi untuk segera mencari penanganan medis lebih lanjut. Pada masa pandemi, alat kesehatan ini dirasa penting untuk mengetahui indikasi apa yang terjadi pada kesehatan kita bersama sedini mungkin.

  1. Glukometer

Alat pengecek kadar gula darah atau biasa disebut glukometer ini dapat memantau kadar gula darah. Alat ini sangat penting dimiliki penderita diabetes maupun obesitas. Umumnya, alat ini berbentuk digital sehingga dalam penggunaannya termasuk mudah untuk digunakan.

Pengguna alat ini cukup membersihkan ujung jari dengan alkohol swab dan segera ambil sampel darah dari ujung jari.

Kemudian, teteskan sampel darah di strip tes, dan masukkan strip tes ke glukometer. Tunggu beberapa saat hingga angka hasil kadar gula darah muncul.

Akan mudah bagi penderita diabetes maupun obesitas jika memiliki alat ini di rumah, sehingga tidak perlu ke pelayanan kesehatan yang  berisiko untuk penularan virus Corona apabila kadar gula darah masih dalam angka yang normal. [kh]

TERBARU

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang,...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal...

Cara Sederhana Membuat Jamu

Rempah-rempah merupakan sumber daya alam utama yang dimiliki Indonesia....

Ingin Jajal Terapi Jarum Akupuntur? Ini Efek Samping dan Cara Kerjanya

Akupuntur adalah pengobatan tradisional Tiongkok yang telah dikenal selama...

Mengenal Kulit Pohon Gandarusa yang Ampuh Atasi Rasa Sakit

Tanaman Gandarusa adalah sejenis tanaman perdu dengan karakter daun...

Membuat Jus Tak Perlu Cara Khusus

Mengonsumsi buah secara rutin bisa memberikan banyak manfaat. Mulai...

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi senior Akupuntur dan TCM, Prof. Sim Kie Jie untuk menulis buku Ilmu Penyakit Menular Bersifat...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan istilah hiperglikemia, istilah ini juga sering dikaitkan dengan diabetes dan pradiabetes. Benar bahwa kamu tidak...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang, brokoli hampir selalu ada di dalam makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Meskipun banyak yang tidak...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang wajar, justru hal tersebut merupakan suatu sinyal yang menunjukkan kalau kamu kurang asupan makanan, jarang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level tertinggi sejak lockdown Shanghai, Pemerintah China bertahan dengan strategi penahanan COVID-19 yang ketat hampir tiga tahun setelah...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal dan rasa kaku pada tubuh adalah pijat refleksi. Dilansir dari Wikipedia.org, pijat refleksi merupakan ilmu...