5 Titik Akupresur Obati Nyeri Sakit Gigi

Terapi akupresur ternyata efektif obati nyeri sakit gigi. Akupresur (acupressure) adalah terapi komplementer asal Tiongkok yang dilakukan dengan memberikan tekanan atau pijatan lokal pada bagian tubuh tertentu.

Terdapat lebih dari 400 titik akupresur pada tubuh Anda, dengan masing-masing titik memiliki fungsi tersendiri untuk mengurangi gejala penyakit.

Akupresur Efektif Obati Nyeri Sakit Gigi

Tekanan pada titik akupresur juga bisa meredakan sakit gigi dengan melancarkan aliran darah dan membuat otot sekitar mulut lebih rileks. Lantas, titik mana saja yang perlu Anda tekan?

Titik akupresur untuk sakit gigi umumnya tersebar pada hampir seluruh bagian tubuh, mulai dari tangan, leher, pundak, hingga area lutut. Anda bisa menyembuhkan sakit gigi dengan cara melakukan pijatan pada titik-titik berikut ini.

1. Titik usus halus 18 (SI18)

Titik SI18 merupakan titik akupresur yang paling banyak digunakan untuk mengatasi nyeri akibat sakit gigi, gusi bengkak, dan gigi berlubang.

Ini bisa Anda temukan di bagian bawah kedua tulang pipi, tepatnya pada bawah ujung mata dan sejajar dengan bagian bawah hidung.

Untuk mengaktifkan titik SI18, tekan keduanya menggunakan telunjuk dan jari tengah selama satu menit. Selama menekan titik ini, tarik napas dalam dan embuskan secara perlahan.

2. Titik perut 6 (ST6)

Titik ST6 pada umumnya digunakan untuk mengurangi nyeri pada mulut, seperti akibat radang mulut atau penyakit lain yang berkaitan dengan masalah gigi.

Untuk mengetahui letaknya, coba tempelkan gigi atas dan bawah Anda. Titik ini merupakan tonjolan yang terletak di tengah, tepat antara ujung bibir dan bagian bawah daun telinga.

Tekan titik akupresur untuk sakit gigi ini dengan ibu jari selama satu menit sambil menarik napas dalam. Ulangi beberapa kali sesuai kebutuhan atau hingga nyeri berkurang.

BACA JUGA  Membantu Mengatasi Dengkuran Dengan Akupuntur

3. Titik kantong empedu (GB21)

Titik kantong empedu sering digunakan untuk mengatasi nyeri pada kepala, wajah, dan leher. Tekanan pada titik GB21 juga berguna untuk mengatasi berbagai keluhan pada pundak.

Berbeda dengan namanya, titik GB21 tidak terletak di dekat kantong empedu, tetapi di bagian tengah pundak dan agak sedikit ke belakang.

Cubit bagian tengah pundak Anda dengan ibu jari dan telunjuk, kemudian pijat titik akupresur tersebut menggunakan jari tengah selama 4–5 detik sambil menarik napas dalam.

4. Titik usus besar 4 (LI4)

Titik akupresur yang satu ini dipercaya bisa membantu meredakan peradangan sehingga sakit gigi yang Anda alami berangsur hilang.

Tekanan pada titik usus besar atau LI4 juga bermanfaat untuk mengurangi stres, sakit kepala, serta nyeri pada area di atas leher Anda.

Anda bisa menemukan titik LI4 dengan menempelkan ibu jari ke ruas kedua telunjuk. Titik ini terletak pada pertemuan antara ibu jari dan telunjuk Anda.

Untuk meredakan sakit gigi, tekan titik ini dengan lembut dan pijat selama 4–5 detik sambil menarik napas selama melakukannya.

5. Titik perut 36 (ST36)

Titik ST36 cukup sering digunakan untuk meredakan berbagai gejala, termasuk sakit gigi, mual, stres, serta kelelahan.

Untuk menemukan titik ST36, cobalah untuk menempelkan telapak tangan pada sisi yang sama dengan tempurung lutut secara horizontal. Titik ini terletak pada jari kelingking Anda.

Berikan tekanan dan pijat lembut dengan jari Anda pada titik akupresur ini untuk meredakan sakit gigi. Lalu, arahkan pijatan ke bawah menuju bagian luar tulang kering.

Tinjauan dalam International Journal Of Orthodontic Rehabilitation (2017) mencatat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendaftarkan akupresur sebagai pengobatan yang efektif untuk sakit gigi mulai tahun 2003.

BACA JUGA  Terapkan Akupuntur Ketika Mengalami Patah Hati

Dengan demikian, Anda bisa melakukan teknik ini untuk meredakan sakit gigi. Cukup menekan beberapa titik pada tubuh Anda untuk mengurangi nyeri pada gigi, gusi, dan mulut meski hanya sementara.

Demikian penjelasan titik akupresur untuk obati nyeri sakit gigi. Meski begitu, akupresur tidak dapat mengobati kondisi yang menjadi penyebab sakit gigi sepenuhnya. [AB]

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...