5 Titik Akupresur Untuk Mengatasi Nyeri Leher: Wajib Dicoba!

Titik akupresur untuk mengatasi nyeri leher dapat menjadi solusi alami bagi masalah yang umum terjadi. Melalui penekanan pada titik-titik tertentu di tubuh, akupresur dapat meredakan ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi rasa sakit.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa titik akupresur yang efektif dalam mengatasi nyeri leher. Dengan melansir laman Kontan, ketika Anda mempelajari dan mengaktifkan titik-titik ini, Anda dapat mengalami bantuan nyeri tanpa mengandalkan obat-obatan.

Baca juga: 4 Titik Pijat Akupresur Untuk Atasi Mata Buram yang Bisa Anda Coba

1. Titik Jian Jing

Salah satu titik akupresur yang efektif untuk mengatasi nyeri leher adalah Jian Jing. Letaknya berada di otot bahu, sekitar setengah jarak antara leher dan lengan. Pijatan pada titik ini dapat meredakan sakit kepala dan mengurangi ketegangan otot.

- Advertisement -

Jian Jing juga terbukti efektif dalam mengobati nyeri leher yang pegal atau kaku. Penting untuk diingat bahwa stimulasi titik ini dapat memicu persalinan, sehingga hindari merangsangnya jika Anda sedang hamil untuk meredakan nyeri leher.

2. Titik Dia Gu

Titik akupresur untuk mengatasi nyeri leher selanjutnya adalah Dia Gu. Lokasinya terletak di lipatan “jaring” kulit di antara ibu jari dan telunjuk. Para ahli refleksi meyakini bahwa stimulasi pada titik ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit di berbagai bagian tubuh, termasuk leher. Dengan merangsang titik Dia Gu, Anda dapat mengalami peredaan nyeri yang efektif pada area leher Anda.

3. Titik Feng Chi

Feng Chi merupakan titik akupresur untuk mengatasi nyeri leher yang terletak di belakang daun telinga menuju ke arah atas leher dan pangkal tengkorak. Titik ini terbukti efektif dalam mengatasi kelelahan dan sakit kepala. Dengan merangsang titik tekanan ini, Anda dapat memperbaiki ketidaknyamanan pada leher akibat tidur dalam posisi yang tidak nyaman. Feng Chi menjadi pilihan yang efektif untuk meredakan nyeri dan mengembalikan kenyamanan pada bagian leher Anda.

BACA JUGA  Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Baca juga: 5 Titik Akupresur untuk Menurunkan Berat Badan: Bisa Langsung Langsing

4.Titik ZhongZu

Titik akupresur selanjutnya adalah ZhongZuyang berada di antara buku-buku jari di atas jari kelingking dan jari manis. Ketika titik tekanan ini diaktifkan, ia mampu merangsang berbagai bagian otak Anda, meningkatkan sirkulasi dan meredakan ketegangan.

Merangsang titik ini adalah pilihan yang efektif untuk mengurangi nyeri leher yang disebabkan oleh ketegangan atau stres. Dengan merawat titik ZhongZu, Anda dapat mencapai peredaan yang signifikan pada nyeri leher dan merasakan efek relaksasi yang menyeluruh.

5. Titik pilar surga

Titik akupresur untuk mengatasi nyeri leher selanjutnya memiliki nama pilar surga. Titik ini terletak di kedua sisi leher, di dasar tengkorak dan sekitar dua inci di atas titik awal tulang punggung (langsung di atas bahu). Dengan merangsang titik ini, Anda dapat melepaskan sumbatan dan mengurangi pembengkakan pada kelenjar getah bening yang dapat menyebabkan nyeri leher.

Pilar surga menjadi solusi efektif dalam meredakan ketidaknyamanan pada area leher Anda. Dengan mengetahui dan memanfaatkan titik ini, Anda dapat merasakan peredaan yang signifikan dan mengurangi gejala yang muncul.

Nah, itu dia lima titik akupresur untuk mengatasi nyeri leher yang terbuktif efektiff. Melalui penekanan pada titik-titik tersebut, seperti Jian Jing, Dia Gu, Feng Chi, ZhongZu, dan Pilar Surga, Anda dapat meredakan ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan nyeri leher.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan akupresur sebagai metode pengobatan alami ini dapat memberikan bantuan nyeri tanpa harus mengandalkan obat-obatan. Dengan mempelajari lokasi dan teknik stimulasi yang tepat pada titik-titik akupresur ini, Anda dapat menemukan solusi yang efektif untuk mengatasi nyeri leher yang Anda alami. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan memanfaatkan manfaat akupresur dalam meredakan nyeri leher Anda.

BACA JUGA  Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...