6 Fakta Pengobatan Tradisional Reiki bagi Kesehatan

Selain mengandalkan perawatan medis, banyak orang juga tertarik dengan pengobatan alternatif. Salah satunya pengobatan tradisional reiki dari Jepang yang bermanfaat untuk kesehatan.

Reiki adalah terapi alternatif dari Jepang yang menggunakan energi sebagai media penyembuhannya. Terapi ini diyakini memiliki banyak manfaat, mulai dari meredakan nyeri, mengurangi stres, hingga mendukung pengobatan kanker.

Reiki merupakan teknik healing dari Jepang yang didasarkan pada keyakinan energi universal yang dapat diteruskan dari seorang praktisi ke klien untuk meningkatkan kesehatan, sementara energi negatifnya dikeluarkan untuk disebarkan ke alam semesta.

Berikut ini 5 fakta seputaran terapi Reiki sebagai pengobatan tradisional yang bermanfaat untuk kesehatan:

1. Sejarah singkat mengenai Reiki

Dilansir Medical News Today, Reiki memiliki arti atmosfer misterius atau tanda ajaib. Kata Reiki berasal dari bahasa Jepang “rei” yang berarti alam semesta dan “ki” berarti energi kehidupan.

Dengan kata lain, Reiki merupakan penyembuhan energi. Teknik penyembuhan energi ini dikembangkan pertama kali oleh tokoh Jepang bernama Mikao Usui pada tahun 1922.

Praktik Reiki pun berkembang hingga benua Amerika pada tahun 1940-an dan benua Eropa pada tahun 1980-an.

2. Manfaat Reiki bagi kesehatan

Praktik Reiki diduga memberi manfaat bagi kesehatan, khususnya untuk meredakan depresi seperti yang telah dipaparkan dalam kajian ilmiah tahun 2010. Para peneliti melihat efek positif Reiki dalam peningkatan perasaan relaksasi, suasana hati, dan kesejahteraan pada orang dewasa yang mengalami rasa sakit, cemas, atau depresi.

Namun, tetap perlu penelitian lebih lanjut untuk memperdalam kajian pada temuan tersebut.

Selain itu, Reiki digadang-gadang dapat meningkatkan suasana hati, kualitas hidup, meredakan rasa sakit dan kelelahan, serta meredakan beberapa gejala dari sakit kepala, mual, insomnia, dan ketegangan.

BACA JUGA  Ramuan Tradisional Untuk Menyuburkan Kandungan

Menurut studi dalam “The Journal of Alternative and Complementary Medicine” tahun 2019, satu sesi Reiki dapat meningkatkan banyak variabel terkait kesehatan fisik dan psikologis.

3. Praktik Reiki dilakukan dalam suasana tenang

Pada dasarnya, Reiki dapat dilakukan di mana saja asalkan berada dalam suasana tenang dan relaks.

Melalui praktik Reiki, seorang klien bisa duduk atau berbaring dengan iringan musik maupun tidak. Terapi akan meletakkan tangannya di area tertentu, seperti kepala atau anggota tubuh lainnya, selama kurang lebih 2-5 menit. Tujuannya adalah untuk transfer energi.

Bila terapis merasa panas atau energi di tangannya mereda, barulah posisi tangan dipindahkan ke area tubuh lain.

Reiki dilakukan dalam beberapa sesi, yang bisa berlangsung antara 15-90 menit, tergantung pada preferensi klien atau tujuan yang ingin dicapai.

Beberapa teknik yang dipakai dalam Reiki adalah beaming, centering, clearing, infusing, extracting harmful energies, smoothing, dan raking the aura.

4. Sejauh ini, Reiki tidak memiliki efek samping berbahaya

Walaupun National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) menyatakan bahwa Reiki belum terbukti bermanfaat secara signifikan terhadap hubungan kesehatan tertentu, tetapi terapi ini tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Reiki merupakan prosedur non invasif dan dianggap aman.

Reiki bisa menjadi terapi tambahan yang dapat mendukung penyembuhan dan tingkat perasaan sejahtera seseorang. Gimana, kamu tertarik untuk mencobanya?

5. Pelatihan Reiki biasanya dipelajari dalam tiga tingkatan

Dilansir Verywell Health, Reiki biasanya dipelajari dalam tiga tingkatan, di mana pelatihan untuk setiap tingkat umumnya membutuhkan 1-2 hari. Setiap tingkat melibatkan penyesuaian oleh praktisi yang sudah mendapatkan sertifikat.

Seseorang yang ingin mempelajari Reiki harus melalui tahap attunement, yaitu semacam prosedur penyaluran energi melalui tiga simbol berbeda.

BACA JUGA  Cara Sederhana Menahan Muntah Salah Satunya TCM

Tiga simbol berbeda tersebut mewakili aspek energi alam semesta yang berbeda, di antaranya adalah power (Choku Rei), mental/emotional balance (Sei He Ki), dan distance healing (Hon Sha Ze Sho Nen).

Biasanya, seseorang yang mempelajari Reiki adalah para profesional seperti ahli akupunktur atau ahli terapi pijat.

6. Harmoni & Keseimbangan

Melalui transfer energi ini, tubuh mampu memulihkan keseimbangan di semua sistem pikiran, tubuh, dan jiwa. Hal ini akan menciptakan harmoni dan memungkinkan seseorang untuk melanjutkan gaya hidup positif.

Demikian sejumlah fakta manfaat pengobatan tradisional Reiki bagi kesehatan. Semoga artikel bermanfaat. Semoga sehat selalu. [AB]

TERBARU

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Rempah-rempah ini lebih baik digunakan daripada produk...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan komplementer untuk mengatasi gejala dan efek samping dari perawatan kanker. Pengobatan alternatif biasanya tidak diberikan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...