6 Makanan Sehat Ini Bantu Penyembuhan Demam Berdarah

Memasuki musim penghujan, serangan demam berdarah atau DBD mulai marak terjadi di beberapa daerah. Dalam artikel ini, kami sajikan enam makanan sehat penyembuhan demam berdarah.

Demam berdarah sendiri bukanlah penyakit yang boleh dianggap remeh, penyakit ini menyebabkan penurunan drastis jumlah trombosit.

6 Makanan untuk Menyembuhkan Demam Berdarah

Hilangnya nafsu makan bukan hanya membuat tubuh lemas saja, tetapi juga dapat memperburuk penyakit demam berdarah yang dialami.

Oleh karena itu, pengidap demam berdarah disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat agar kondisi tidak semakin parah.

Makanan untuk membantu proses penyembuhan demam berdarah harus memiliki kandungan gizi yang baik. Berikut ini 6 jenis makanan tersebut:

1. Kurma

Kurma dipercaya mengandung zat-zat pembentuk sel darah, seperti vitamin B12, zat besi, magnesium, zinc , asam amino, vitamin C, dan B kompleks. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan gula alami, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, yang terbukti ampuh untuk mengembalikan energi selama proses pemulihan demam berdarah.

2. Jambu Biji

Jambu biji sudah sangat dikenal mampu mempercepat proses penyembuhan pengidap demam berdarah. Buah ini mengandung vitamin C, tanin, dan flavonoid yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, menghambat replikasi dari virus dengue, dan meningkatkan kadar trombosit. Seperti yang sudah diketahui bersama, trombosit pengidap demam berdarah berpotensi turun hingga di bawah normal.

3. Ramuan Jahe, Kayu Manis dan Kapulaga

Ketiga tanaman herbal tersebut sangat efektif mengurangi keparahan gejala, dan mampu mempercepat proses penyembuhan. Manfaatnya yang dapat menurunkan demam hingga meningkatkan reaksi sistem imun tubuh agar mampu melawan infeksi. Nah, khasiat inilah yang dipercaya mampu mengatasi demam berdarah dengan baik.

4. Air Kelapa

Air kepala baik dikonsumsi guna mencegah dehidrasi. Hal tersebut dikarenakan, pengidap demam berdarah sangat berisiko mengidap dehidrasi berat akibat kebocoran plasma. Air kelapa sendiri mudah diserap, dan mirip dengan cairan tubuh. Di samping itu, air kelapa memiliki tinggi kandungan elektrolit, dan mampu mempercepat proses penggantian cairan tubuh karena kandungan gula di dalamnya.

BACA JUGA  Bagaimana Akupuntur Bantu Meningkatkan Kekebalan?

5. Buah Pepaya

Asam folat menjadi salah satu kandungan yang diperlukan saat demam berdarah. Fungsinya adalah memproduksi trombosit. Berkaitan dengan hal tersebut, pepaya menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk mempercepat proses pemulihan demam berdarah karena kandungan asam folat di dalamnya. Bukan itu saja, pepaya juga mengandung vitamin A, vitamin C, folat (vitamin B9), mineral kalsium, magnesium, vitamin B1, B3, B5, E, dan K.

6. Daun Pepaya

Daun pepaya mampu merangsang peningkatan kadar trombosit pada pengidap demam berdarah. Meski kepercayaan yang beredar demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut.

Demikian beberapa pilihan makanan sehat yang bisa menyembuhkan Demam Berdarah. Semoga informasi ini bermanfaat. [AB]

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...