8 Minuman Kesehatan Terbaik menurut Ahli Nutrisi ini

Apabila Anda sulit memenuhi kebutuhan cairan harian, maka hidrasi yang tepat sangatlah penting untuk menjaga gaya hidup sehat. Meskipun air adalah cara terbaik untuk tetap terhidrasi, tetapi banyak orang merasa terlalu sibuk, pelupa, atau bosan dengan rasa air. Oleh karena itu, menambahkan minuman kesehatan terbaik ke dalam rutinitas harian Anda adalah pilihan yang tepat.

Aturan praktis untuk minum air sebanyak delapan cangkir per hari baik, namun kebutuhan cairan harian Anda akan bervariasi tergantung pada usia, tingkat aktivitas, berat badan, status kesehatan, dan iklim tempat tinggal Anda. Jika Anda berolahraga secara teratur, maka perlu meningkatkan asupan air Anda. Namun, jika Anda berisiko terkena kondisi medis tertentu, seperti penyakit ginjal kronis, maka perlu mengikuti anjuran dokter.

Jika Anda sulit menambahkan minum air putih ke dalam rutinitas harian Anda, cobalah untuk menemukan cara agar minuman terlihat menarik. Anda tidak perlu membatasi diri pada air putih, karena ada banyak minuman kesehatan terbaik yang dapat ditambahkan ke dalam rutinitas harian Anda, seperti jus segar, teh herbal, atau air kelapa.

Dengan melansir laman Good Housekeeping, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba.

- Advertisement -

1. Air Sparkling Beraroma

Minuman kesehatan terbaik tidak selalu harus air putih. Jika Anda ingin memenuhi kebutuhan cairan harian Anda dengan cara yang lebih menarik, coba air sparkling beraroma. Air ini sama lembapnya dengan air biasa, tetapi buat berbuih dengan rasa yang segar dan nikmat.

Menurut Mascha Davis MPH, RDN, ahli gizi terdaftar dan penulis Eat Your Vitamins, air soda rendah gula atau bebas gula adalah alternatif air terbaik. Beberapa jenis bahkan diperkaya dengan prebiotik yang dapat membantu kesehatan usus Anda. Jika Anda ingin mengurangi minum soda atau alkohol, cobalah membuat minuman mocktail bersoda dengan menggunakan air seltzer rasa atau soda klub sebagai pengganti.

2. Kombucha

Kombucha adalah minuman fermentasi yang mengandung probiotik alami yang bermanfaat bagi kesehatan usus Anda. Terbuat dari air, teh, sula, bakteri, dan ragi, kombucha membantu memulihkan keseimbangan bakteri baik di usus Anda.

BACA JUGA  Ini 6 Obat Batuk Alami untuk Sembuhkan Sakit Batuk Anak

Baca juga: Ingin Dapatkan Minuman Sehat non Gula? Coba Jajal 4 Resep Alami ini

Sebagai alternatif yang lebih sehat dari minuman beralkohol, kombucha dapat membantu memenuhi kebutuhan hidrasi harian Anda. Pastikan untuk memilih produk kombucha yang tidak mengandung perasa buatan atau gula tambahan yang berlebihan dengan mencari frasa “fermentasi alami” pada labelnya.

3. Teh Hijau

“Teh hijau adalah salah satu minuman kesehatan terbaik yang dapat membantu meningkatkan vitalitas dan mengatur gula darah serta metabolisme,” kata Davis, ahli gizi terdaftar. Teh hijau juga mengandung katekin antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan memperlambat proses penuaan.

Ini adalah minuman kesehatan terbaik yang bisa menjadi alternatif untuk kopi dengan dosis kafein yang lebih rendah, sehingga Anda dapat menghindari efek samping seperti kegelisahan dan sakit kepala, tetapi tetap menjaga tingkat energi yang stabil.

4. Smoothie

Smoothie adalah minuman kesehatan terbaik yang praktis untuk dikonsumsi saat Anda selalu bepergian. Kombinasi buah, sayuran, sumber protein, dan serat yang sehat akan memberi Anda hidrasi dan nutrisi yang dibutuhkan.

Untuk menciptakan smoothie yang seimbang, pastikan Anda memilih bahan yang mengandung protein pembentuk otot seperti yogurt, susu, keju cottage, atau protein whey. Serta tambahkan sumber lemak dan serat nabati seperti mentega kacang dan biji chia. Untuk rasa yang lebih lezat, Anda bisa menambahkan bubuk kakao.

5. Teh Kembang Sepatu

Teh kembang sepatu adalah minuman kesehatan yang terbuat dari daun bunga kembang sepatu merah muda cerah dengan rasa yang tajam dan menyegarkan. Kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid, teh ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Studi menunjukkan bahwa hanya dengan minum satu cangkir teh kembang sepatu setiap hari, tekanan darah dapat menurun.

Baca juga: Hadapi Musim Kering, Coba 3 Rekomendasi Minuman Herbal Terbaik Ini

Untuk membuatnya, rendam bunga kembang sepatu kering dalam air mendidih selama lima menit, kemudian saring dan maniskan. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu jika sedang hamil, menyusui, atau minum obat tertentu sebelum menambahkan teh herbal ke dalam pola makan Anda.

BACA JUGA  Pakar: Raih Kesehatan Maksimal dengan Konsumsi Makanan Tradisional

6. Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman hidrasi populer yang kaya akan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu, rasanya manis seperti kacang, menjadikannya pilihan yang baik setelah berolahraga.

Pastikan untuk memilih merek yang 100% air kelapa dan hindari tambahan gula dan bahan penyedap. Jika Anda tidak menyukai rasanya sendiri, air kelapa dapat dicampur dengan smoothie atau air soda.

7. Susu Rendah Lemak dan Bebas Lemak

Susu rendah lemak dan bebas lemak adalah pilihan minuman kesehatan terjangkau dan lengkap nutrisinya. Keduanya mengandung kalsium, nutrisi penting yang mendukung kesehatan tulang, serta vitamin B, fosfor, potasium, dan vitamin K. “Susu rendah lemak dan bebas lemak memiliki 13 nutrisi penting dan memberikan keseimbangan protein dan karbohidrat,” kata Rodriguez. Jika susu biasanya mengganggu perut, cari versi bebas laktosa di lorong produk susu.

Untuk variasi, cokelat panas dapat dibuat dengan menggunakan susu. Kakao memberikan kafein penambah energi, meningkatkan hormon “merasa enak”, dan mengandung polifenol antioksidan. Tambahkan satu sendok bubuk kakao ke dalam susu hangat, lalu taburi dengan kayu manis dan pemanis pilihan Anda sesuai selera, aduk dan minum!

8. Kefir

Kefir adalah minuman susu fermentasi yang kaya probiotik dan sumber nutrisi penting seperti vitamin D, kalsium, dan magnesium. Karena sifatnya yang kaya probiotik, kefir dapat mendukung sistem kekebalan yang sehat dan bahkan menekan infeksi virus.

Selain itu, dengan kandungan protein sepuluh gram per cangkir, kefir membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Bagi yang memiliki intoleransi laktosa, kefir rendah laktosa merupakan alternatif susu yang bagus. Nikmati kefir dengan meminumnya sendiri atau gunakan sebagai bahan dasar untuk parfait sarapan atau saus salad buatan sendiri.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...