Di tengah pandemi covid-19 ini, seorang ahli akupuntur muda di Banyumas, Jawa Tengah rela blusukan keliling desa hanya untuk mengobati pasien.

Dikabarkan ahli akupuntur muda yang juga seorang dokter tersebut, rela mengobati pasien karena banyak masyarakat yang takut mengunjungi fasilitas kesehatan.

Aksi dr. Syarif Hadi Blusukan Ke Desa

dr. Syarif Hadi yang merupakan penanggung jawab Klinik Pratama Rawat Inap NU Sumpiuh, melakukan sosialisasi mengenai pencegahan covid-19. Hal ini bertujuan agar masyarakat tidak perlu takut untuk datang berobat ke fasilitas kesehatan terdekat.

Banyak masyarakat yang takut untuk datang ke puskesmas, klinik maupun rumah sakit karena khawatir tertular virus covid-19. Hal ini mengakibatkan seseorang menahan dirinya untuk diobati karena ganasnya virus tersebut.

dr. Syarif Hadi pun menjelaskan, bahwa hal yang dilakukannya ini bertujuan untuk mendekatkan layanan kesehatan ke masyarakat. Sejauh ini, ia telah berkeliling ke tujuh desa hingga seluruh wilayah sampai tugasnya selesai.

Ia juga menjelaskan, saat sedang di lapangan, ia tetap mematuhi aturan protokol kesehatan dan ia pun telah menargetkan untuk mengunjungi seluruh desa dan kelurahan di Sumpiuh.

Terapi akupuntur juga dilakukan Hadi sebagai upaya untuk mengobati pasien. Terutama bagi pasien yang setuju dengan penindakan medis akupuntur. dr. Syarif Hadi juga telah menyiapkan beberapa dus jarum akupuntur yang steril, alkohol dan stetoskop.

Penanganan dengan akupuntur ini telah dilakukan di desa Kuntili. Sejumlah warga telah ditangani menggunakan akupuntur, termasuk Sekretaris dari desa tersebut.

Menurut dr. Syarif Hadi, akupuntur tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja, terapi asal Cina ini juga bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh yang berguna untuk menangkal virus masuk ke dalam tubuh, termasuk virus corona yang sedang mewabah di Indonesia ini.

Dengan menusukkan jarum ke area tertentu di tubuh, masalah imunitas atau daya tahan tubuh seseorang akan meningkat, sekaligus akupuntur juga memberikan efek rileks pada tubuh.

Sosialisasi dan pengobatan akupuntur gratis yang dilakukan oleh Hadi akan terus dilakukan ke seluruh desa yang ada di daerah Sumpiuh, dan akan dilakukan secara bergilir dan berulang.

Aksi dari ahli akupuntur muda ini membuat masyarakat menjadi tidak harus khawatir untuk datang ke layanan kesehatan, asal kita tetap menjaga protokol kesehatan, menjaga imun tubuh dan juga berdoa kepada Yang Maha Kuasa.