Aktor Patrick Demsey Menyukai Akupuntur –¬†Aktor Patrick Dempsey bukanlah seorang dokter, tapi dia memerankan Dr. Derek “McDreamy” Shepherd di TV selama bertahun-tahun sehingga dia bilang orang sering bingung.

“Mereka mengira saya seorang dokter,” kata Dempsey, yang mengenakan jas lab putih di Grey’s Anatomy selama 11 musim, kepada Insider. “Ini sedikit tidak nyata.”

Ketidaksesuaian tersebut dapat menjadi sangat jelas ketika dia pulang ke Lewiston, Maine dan mengunjungi Dempsey Center, pusat perawatan kanker yang dia dirikan pada tahun 2008. Lebih dari satu dekade setelah ibunya pertama kali didiagnosis menderita kanker ovarium.

“Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda,” kata Dempsey, berbicara di konferensi The Atlantic’s People v Cancer di New York. “Kami tidak mengobati penyakitnya, kami merawat orangnya. Kami merawat seluruh orang, keluarga, pengasuh, anak-anak, semua orang.”

Aktor Patrick Demsey Menyukai Akupuntur

Di antara pasien kanker, ada satu pengobatan favorit yang melebihi yang lain: akupunktur.

Dempsey juga menikmati perawatan jarum.

“Maksud saya, semua orang suka dipijat,” katanya.

Akupunktur merupakan pengobatan tradisional Tiongkok yang telah ada selama ribuan tahun. Telah terbukti meredakan beberapa efek samping pengobatan kanker yang paling menyakitkan dan mengaduk-aduk perut. Tetapi sementara banyak orang merasa lebih baik setelah perawatan akupunktur, para ilmuwan memiliki bukti bahwa banyak hal yang terjadi adalah efek plasebo.

Akupunktur dilakukan dengan menusukkan jarum ke titik-titik tertentu pada tubuh, yang disebut “titik akupuntur”. Idenya adalah bahwa akupunktur dapat mempengaruhi “qi” atau “chi” tubuh, alias energi. Biasanya, perawatan dilakukan dengan jarum yang hampir setipis rambut manusia, tetapi beberapa ahli akupunktur mungkin juga menggunakan panas atau memberikan tekanan.

Tradisi tersebut menarik minat Institut Kesehatan Nasional AS, di mana para ilmuwan mulai mempelajari akupunktur pada tahun 1997. Ternyata, teknik tusuk jarum efektif untuk mengurangi beberapa efek samping buruk dari radiasi kanker dan kemoterapi, terutama mual dan muntah parah. Akupunktur juga dapat membantu pasien dengan kelelahan.

Tetapi para ilmuwan juga telah menemukan bahwa manfaat akupunktur mungkin tidak ada hubungannya dengan jarum atau titik tekanan tertentu. Banyak penelitian yang membandingkan akupunktur dengan perawatan “palsu” menunjukkan bahwa mungkin ada efek plasebo yang kuat di tempat kerja.