Aktor Pemeran Hagrid Pernah Derita Osteoarthritis, Apakah Akupuntur Bisa Sembuhkan?

Kabar duka meliputi sineas Eropa, di mana Robbie Coltrane dikabarkan meninggal dunia. Sang aktor memiliki riwayat sakit osteoarthritis. Penyakit apakah itu? Apakah akupuntur bisa menyembuhkan osteoarthritis seperti diderita Robbie Coltrane, pemeran Hagrid di film Harry Potter?

Coltrane disebut mengembuskan napas terakhirnya di rumah sakit Larbert, Skotlandia, dekat rumahnya. Hagrid disebut sudah berjuang melawan sakit yang diidap selama dua tahun terakhir. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh agen Coltrane, Belinda Wright.

Coltrane pernah berbicara tentang masalah kesehatannya, menyatakan bahwa dia berjuang melawan rasa sakit selama 24 jam sehari ketika menjadi aktor di National Treasure and Great Expectations. Ia bercerita, bahwa dia tidak memiliki tulang rawan di lututnya.

Namun, ia berhasil sembuh usai menjalani operasi pada tahun 2020. Pemeran Hagrid Harry Potter tersebut menyatakan pada akhirnya bisa tidur dengan nyenyak dan bebas rasa sakit setelah operasi.

- Advertisement -

Apa itu Penyakit Osteoarthritis?

Radang sendi bisa diatasi dengan melakukan terapi akupuntur untuk osteoarthritis. Penyakit ini muncul karena adanya peradangan kronis pada bagian sendi akibat kerusakan tulang rawan.

Penyakit ini sering terjadi dan menyebabkan sendi terasa kaku, sakit hingga bengkak. Penyakit ini sering diderita oleh setiap orang terutama orang lanjut usia.

Penyakit radang sendi ini bisa menyerang semua sendi, terutama sendi di lutut, pinggul, jari tangan dan tulang punggung. Di bawah ini beberapa faktor yang memicu terjadinya radang sendi, yaitu:

1. Obesitas
2. Wanita, terutama yang sudah menopause
3. Memiliki riwayat penyakit ini di keluarga
4. Mengalami cedera di sendi
5. Pernah menjalani operasi pada tulang dan sendi
6. Melakukan aktivitas yang membuat sendi tertekan terus menerus
7. Menderita penyakit tertentu
8. Cacat pada tulang rawan atau sendi

BACA JUGA  Mengobati Biduran Dengan Cara Pengobatan Tradisional

Adapun gejala yang akan muncul jika terkena penyakit ini ialah:

– Muncul suara gesekan pada sendi ketika digerakkan

– Pembengkakan pada sendi

– Munculnya tulang tambahan

– Berkurangnya massa otot

– Membengkoknya jari tangan

– Muncul benjolan pada sendi di jari tangan

Manfaat Akupuntur Obati Osteoarthritis

Akupuntur adalah cara pengobatan yang telah ada selama setidaknya seribu tahun lalu. Oleh orang Cina dan memainkan peran yang sangat penting dalam bidang pengobatan tradisional Cina.

Akupuntur juga sangat membantu untuk mengobati osteoarthritis seperti yang diderita aktor pemeran Hagrid, Robbie Coltrane.

Kegunaan akupuntur sendiri bertujuan untuk meredakan rasa sakit dan melancarkan Qi yang ada di tubuh. Jadi, terapi ini bisa dikatakan membantu pengobatan pasien osteoarthritis, namun agar lebih aman Anda harus mengkonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter.

Berbagai penelitian telah dilakukan, dan akupuntur dinyatakan efektif untuk mengatasi masalah ini karena dapat mengurangi nyeri sendi, memperbaiki fungsi sendi dan meminimalkan peradangan pada sendi.

Terdapat studi yang mencoba akupuntur dikombinasikan dengan racun lebah, dan hal ini terbukti berhasil untuk meredakan peradangan sendi dan lebih efektif untuk digunakan.

Namun, sebelum melakukan terapi, Anda harus memerhatikan dan memeriksakan diri ke ahlinya terlebih dahulu agar tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan.

Profesional yang melakukan prosedur akupuntur memiliki sebutan sebagai ahli akupuntur. Mereka menempatkan jarum tipis pada kulit pada titik-titik tertentu dari tubuh untuk mengobati osteoarthritis.

Ketika jarum akupuntur dimasukkan ke dalam tubuh, sejumlah perubahan fisiologis terjadi. Jika jarum dimasukkan dengan benar, itu menciptakan sinyal yang bergerak di sepanjang tulang belakang ke otak.

Ini memicu pelepasan neurotransmiter seperti endorfin yang membantu mengurangi rasa sakit. Jarum akupuntur, bila ditempatkan dengan benar, dapat membantu pembentukan hormon kortisol, yang membantu mengendalikan pembengkakan. Metode pengobatan ini juga dapat membantu dalam sekresi hormon pereda nyeri lainnya dalam tubuh manusia. [AB]

BACA JUGA  10 Mitos yang Kerap Disebut Seputaran Terapi Akupuntur, Apa Saja?

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...