Kehamilan merupakan sebuah momen yang paling ditunggu bagi perempuan yang sudah menikah. Terkadang setelah menikah, beberapa pasangan memiliki masalah soal kehamilan padahal sudah melakukan cek kesehatan dan program lainnya agar cepat diberi momongan.

DIDUKUNG OLEH:

Masalah kehamilan ini selalu mengganggu pikiran para perempuan yang sudah menikah karena takutnya tidak bisa memberi keturunan. Salah satu pengobatan tradisional Cina, yaitu akupuntur bisa dijadikan sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi masalah ini. Berikut penjelasan mengenai manfaat akupuntur untuk program kehamilan.

Penjelasan Infertilitas

Infertilitas atau sebuah kondisi ketidakmampuan pasangan untuk mengalami kehamilan setelah melakukan berbagai cara seperti melakukan hubungan seksual secara teratur dan tidak menggunakan kontrasepsi selama satu tahun atau lebih dan pada wanita usia diatas 35 tahun selama 6 bulan atau lebih.

Hal-hal yang menyebabkan infertilitas adalah :

Bagi Perempuan

– Gangguan saat ovulasi
– Penyumbatan saluran telur
– Tumbuhnya lapisan dalam rahim di luar rahim atau Endometriosis
– Adanya penyempitan pembuluh darah sehingga lapisan rahim kekurangan aliran darah
– Hormonal
– Menopause dini

Bagi Laki-laki

– Jumlah produksi sperma berkurang
– Sumbatan pada sistem pengeluaran sperma
– Kelainan genetik
– Adanya antibodi terhadap sperma
– Impotensi
– Gangguan hormon
– Pengaruh obat atau radiasi
– Varikokel

Akupuntur untuk Promil

Akupuntur medik dikombinasikan dengan pengobatan akupuntur modern dapat memberikan hasil optimal untuk kesuburan. Teknik yang dilakukan adalah merangsang titik tertentu dengan menggunakan jarum, elektroakupuntur, laserpuntur atau dengan menyuntikkan cairan (akuapuntur).

Manfaat akupuntur untuk program kehamilan yaitu:

a. Dapat memperbaiki hormon reproduksi
b. Memperbaiki sirkulasi darah ke rahim
c. Mengurangi vasokonstriksi pembuluh darah
d. Dapat mempertebal dinding endometrium
e. Membuat pikiran lebih tenang
f. Dapat meningkatkan sistem imunitas dan homeostasis tubuh

Terapi akupuntur untuk mengatasi masalah ini biasanya dilakukan 2 kali dalam seminggu, setiap sesi durasi 30 menit dan satu sesi terapi terdiri dari 12 kali terapi.

Itulah manfaat akupuntur untuk program kehamilan yang bisa dilakukan oleh pasangan suami istri. Namun jangan bergantung dengan satu pengobatan saja, konsumsilah makanan sehat dan lakukan gaya hidup sehat agar mendukung proses kehamilan.