Akupuntur Aurikularis, Terapi Khusus Di Area Telinga

Akupuntur merupakan salah satu terapi tradisional yang telah dikenal masyarakat luas. Akupuntur aurikularis adalah salah satu jenis dari terapi tusuk jarum ini yang memfokuskan area telinga untuk distimulasi.

Mengenal Akupuntur Aurikularis atau Akupuntur Telinga

Akupuntur sudah ada sejak dulu dan sudah dikenal oleh masyarakat hingga saat ini. Lalu, apa yang dimaksud dengan akupuntur aurikularis? Apakah teknik ini masih menggunakan jarum?

Terapi akupuntur aurikularis merupakan salah satu jenis dari akupuntur yang khusus menstimulasi area di telinga saja. Jenis akupuntur ini sudah terkenal di luar negeri.

Bahkan artis Hollywood, Kate Moss telah menggunakan terapi ini untuk mengatasi kecanduannya pada kokain. Akupuntur jenis ini juga memiliki manfaat yang sama dengan pengobatan lainnya, yaitu menyembuhkan.

Menurut sebuah sumber, jenis terapi akupuntur ini bisa mengatasi hampir semua jenis penyakit yang diderita oleh manusia. Karena, di telinga terdapat beberapa titik penting yang menghubungkan saraf dengan organ tubuh.

Terapi akupuntur memang berasal dari Cina, namun terapi jenis ini dikembangkan pertama kali di Eropa oleh seorang ahli saraf yang bekerja di Perancis, Dr. Paul Nogier.

Dr. Paul mempelajari soal saraf lebih lanjut dan mendalami materi yang dilanjutkan oleh Frank Bahr M.D yang merupakan seorang spesialis asal negara Jerman.

Akupuntur yang distimulasi melalui titik di telinga ini diklaim dapat mengeluarkan hormon endorfin yang bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Bahkan, rasa sakit juga akan perlahan berkurang hingga hilang.

Terapi jenis ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah penyakit seperti arthritis, sakit kepala, sembelit, insomnia, bahkan ada yang mengatakan bahwa terapi ini juga bisa digunakan untuk membantu diet.

Untuk lansia, terapi akupuntur jenis ini diklaim dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah demensia, bahkan terapi ini juga bisa membuat seseorang berhenti dari kecanduannya, seperti membantu untuk mengatasi kecanduan merokok.

BACA JUGA  Manfaat Akupuntur untuk Kehamilan

Jarum yang digunakan saat terapi jenis ini hanya ditusukkan pada titik yang ada di telinga, sesuai dengan masalah yang dikeluhkan oleh pasien. Terapi ini juga diklaim aman untuk dilakukan dan tidak memiliki efek samping.

Manfaat dan cara kerja dari akupuntur aurikularis ini sama dengan akupuntur biasa, hanya saja memfokuskan titik di telinga. Lakukan terapi ini dengan ahlinya agar aman dan tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

TERBARU

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Viral Gegara Wanita asal Negeri Kangguru, Apa itu Kondisi Gigantomastia?

Belum lama ini, media memberitakan seorang wanita asal Australia...

Apakah Timur Tengah Menggeliat Jadi Destinasi Wisata Kesehatan Besar Masa Depan?

Timur Tengah di masa depan akan menjadi destinasi wisata...

Mendalami Sejarah Herbal Ginseng, Hingga Manfaatnya Terutama bagi Kecantikan

Ginseng adalah tumbuhan yang memiliki sejarah panjang di kawasan...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin Hye, menyita perhatian publik ketika membagikan menu diet sehatnya, untuk mendapatikan kembali tubuh langsing. Melansir...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang telah digunakan selama ribuan tahun. Dari budaya Mesir kuno hingga Cina dan Timur Tengah, terapi...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk nyeri punggung. Namun, sampai saat ini, para...