Akupuntur autoimun, salah satu manfaat terapi akupuntur yang berguna untuk mengatasi penyakit autoimun. Yang dimaksud dengan penyakit autoimun adalah suatu kondisi dimana kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Hal ini menyebabkan sel-sel sehat di dalam tubuh terdeteksi sebagai organisme asing oleh imun.

DIDUKUNG OLEH:

Keefektifan Akupuntur Autoimun

Penyakit kekebalan tubuh yang menyerang tubuhnya sendiri ini memiliki penyebab, diantaranya ialah:

– Gender, wanita lebih rentan terkena penyakit ini, terutama pada masa kehamilan
– Etnis, umumnya menyerang etnis tertentu seperti diabetes tipe 1 umumnya menimpa orang Eropa dan lupus rentan terjadi pada orang Afrika dan Amerika.
– Riwayat keluarga
– Lingkungan

Gejala awal yang ditimbulkan dari penyakit ini biasanya berupa rasa kelelahan, pegal otot, demam ringan, ruam kulit, sulit konsentrasi, rambut rontok dan kesemutan di tangan dan kaki.

Namun, gejala yang ditimbulkan pada penyakit autoimun tidak hanya itu saja, ada beberapa gejala khusus yang akan muncul sesuai dengan penyakit yang diderita.

Menurut salah satu dokter, penyakit autoimun juga bisa diatasi dengan menggunakan terapi akupuntur. Dokter Harjanto W. Huang menyebutkan bahwa rheumatoid, lupus dan arthritis bisa diatasi dengan akupuntur.

Waktu terapi yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini biasanya membutuhkan waktu hingga 3 bulan dengan rentang seminggu 2 kali melakukan terapi.

Selain melakukan terapi akupuntur, tumbuhan herbal asal Cina juga dipercaya untuk mengatasi masalah ini. Salah satu tanaman herbal Cina yaitu hydrangea, Shang Shan yang memiliki senyawa HF dapat digunakan untuk mengatasi masalah autoimun.

Senyawa HF ini mampu menghalangi perkembangan sel kekebalan berbahaya dalam kasus penyakit autoimun. Setelah diuji dengan berbagai macam penelitian, senyawa HF ini memang mampu melindungi tubuh dari mutasi sel Th17.

Macam-macam Penyakit Autoimun

Di bawah ini terdapat beberapa macam penyakit autoimun beserta gejalanya, seperti:

1. Penyakit Graves > kehilangan berat badan, gelisah, rambut rontok, jantung berdebar, mata menonjol

2. Lupus > mempengaruhi semua sistem organ, pucat, nyeri sendi, bengkak pada tungkai, kejang

3. Rheumatoid arthritis > nyeri sendi, pembengkakan, radang sendi

4. Psoriasis > kulit bersisik

5. Myasthenia gravis > kelelahan parah seiring aktivitas yang dilakukan

Jadi, akupuntur bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan autoimun dengan menggunakan tenaga ahli dan mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.