Akupuntur Bantu Penyembuhan Penyakit Rhinitis Alergi – Mungkin masih banyak orang yang belum memahami apa itu Rhinitis Alergi. Rhinitis Alergi sendiri merupakan peradangan pada rongga hidung yang disebabkan oleh reaksi alergi. Biasanya ini disebabkan oleh berbagai alergen yakni serbuk sari, debu hingga bulu hewan. Pasien akan mengalami berbagai gejala seperti bersin-bersin, tersumbat hingga hidung gatal.

DIDUKUNG OLEH:

Sebenarnya Rhinitis alergi ini bisa dicegah dengan menghindari pemicunya bisa dengan memakai masker atau tidak berada di lokasi pemicunya. Seorang penderita Rhinitis alergi akan mengalami batuk, sakit kepala, lemas, bersin-bersin, pilek, gatal pada mulut dan sebagainya. Dengan begitu, perlu penanganan untuk menyembuhkan masalah ini agar tidak berlarut.

Rhinitis Alergi bisa disebabkan karena adanya kelainan pada respons sistem imun terhadap zat pemicu alerginya. Sebenarnya ini tidak masalah bagi orang biasa, namun pada orang yang memiliki alergi ini harus dihindari. Beberapa penyebabnya seperti debu, lateks, serbuk gergaji, bulu hewan, serbuk sari, hingga tungau. Salah satu pengobatan yang bisa dilakukan yakni dengan akupuntur.

Akupuntur Bantu Penyembuhan Penyakit Rhinitis Alergi

Akupunktur diyakini bisa mengurangi rinitis alergi dan lebih efektif daripada semprotan kortikosteroid hidung dan antihistamin oral. Peneliti dari Lianyungang Hospital of Traditional Chinese Medicine (Kangda College of Nanjing Medical University) melakukan penyelidikan klinis dan menentukan bahwa akupunktur menghasilkan hasil superior untuk jangka panjang.

Penelitian tersebut membandingkan akupunktur jarum dengan semprotan hidung fluticasone (steriod) dan desloratadine oral (antihistamin) pada 100 pasien dengan rinitis alergi. Kriteria inklusi meliputi diagnosis biomedis rinitis alergi dan diagnosis Pengobatan Tradisional Cina (TCM) defisiensi qi paru-paru dan pilek. Awalnya, tingkat efektif total pada kelompok akupunktur adalah 90% dan 78% pada kelompok terapi obat.

Kelompok terapi obat diobati dengan semprotan hidung fluticasone propionate (50 mcg / semprot) dan desloratadine (8,8 mg tablet). Semprotan hidung digunakan pada kedua lubang hidung (dua kali sehari) selama fase akut, dan berkurang menjadi satu kali sehari ketika kondisinya stabil. Desloratadine diminum sekali sehari selama fase akut selama maksimal satu minggu. Pengobatan berlangsung total empat minggu. Sementara titik akupunturnya berada di :

  • Baihui (GV20)
  • Yintang (MHN3)
  • Yingxiang (LI20)
  • Hegu (LI4)
  • Guanyuan (CV4)
  • Zusanli (ST36)
  • Taichong (LV3)