Terapi tusuk jarum ini tidak hanya bisa digunakan untuk merawat kecantikan, ternyata akupuntur bisa bantu atasi masalah nyeri kronis dan depresi. Simak penjelasannya berikut ini.

Benarkah Akupuntur Bisa Atasi Nyeri Kronis Dan Depresi?

Ketika seseorang mengalami nyeri kronis, terlebih lagi kondisi tersebut sudah lama ia derita, perasaan depresi akan muncul pada orang yang bersangkutan tersebut.

Kedua kondisi ini diklaim bisa diatasi hanya dengan melakukan terapi akupuntur. Menurut profesor dari Acupuncture Research, Hugh MacPherson mengatakan bahwa akupuntur memberikan efek yang bagus bagi pasien yang alami nyeri kronis dan depresi.

DIDUKUNG OLEH:

Tidak hanya bisa meminimalisir budget, dengan melakukan terapi akupuntur, rasa nyeri akan berkurang dan mood pasien serta tubuh akan terasa lebih rileks.

Jadi, terapi akupuntur bisa membuat seseorang tidak bergantung pada obat-obatan dan dapat terhindar dari efek samping obat yang dikonsumsi. Akupuntur bisa menjadi pengobatan alternatif yang tepat.

Adapun hasil studi yang diterbitkan National Institue for Health Research menunjukkan bahwa akupuntur menurunkan sakit kepala dan migrain pada pasien. Terapi ini juga berguna untuk mengurangi nyeri leher kronis dan punggung bawah.

Penurunan nyeri kronis pada leher dan punggung bawah ini lebih efektif menggunakan terapi akupuntur dibandingkan menggunakan penambahan perawatan medis.

Selain mengatasi nyeri di bagian leher dan punggung bawah yang sudah kronis, akupuntur juga bermanfaat mengurangi rasa sakit dan keluhan pasien osteoarthritis.

Dengan terapi tusuk jarum inilah, pasien yang terkena osteoarthritis bisa mengurangi ketergantungan penggunaan obat anti-inflamasi dan juga bisa mengontrol rasa sakit.

Peneliti juga melakukan uji klinis terbaru, yaitu penelitian pada pasien yang terkena depresi. Peneliti membandingkan pasien yang menggunakan akupuntur dan konseling dengan yang menggunakan obat anti-depresan.

BACA JUGA  Obati Nyeri dan Pegal di Tubuh dengan Koyo Akupuntur

Dari hasil penelitian ini, pemberian terapi akupuntur dan konseling lebih menunjukkan hasil yang signifikan dibandingkan dengan menggunakan obat anti-depresan.

Manfaat dari terapi akupuntur pun bisa berkelanjutan hingga 1 tahun setelah pengobatan. Jadi, terapi akupuntur lebih efektif digunakan bagi pasien nyeri kronis dan depresi dibandingkan menggunakan obat.