Akupuntur Bisa Mengurangi Stres dan Meningkatkan Memori – Akupuntur menjadi salah satu metode pengobatan yang efektif. Salah satunnya untuk mengatasi stres dan meningkatkan memori seseorang. Stres bisa membuat seseorang tekanan batin dan membuat banyak masalah akan muncul. Sedangkan ingatan yang baik bisa membuat seseorang lebih fokus ketika melakukan suatu pekerjaan tertentu.

DIDUKUNG OLEH:

Stres bisa membuat seseorang tekanan batin dan membuat banyak masalah akan muncul. Ketika mengalami stres yang bekepanjangan, bisa membuat seseorang mengalami masalah kesehatan fisik. Dan bisa membuat daya tahan tubuh yang melemah. Banyak hal yang menyebabkan stres muncul, mulai dari beban pekerjaan, mengalami masalah hubungan dengan pasaran dan sebagainya.

Setiap orang akan mengalami penurunan ingatan. Ini biasanya disebabkan karena usianya yang mulai menurun dan akibat kesehatan yang kurang baik. Ketika memori menurun, maka daya ingatannya juga akan berkurang. Jika sudah masuk ke kondisi yang parah, bisa membuat seseorang kehilangan ingatan dalam berbagai hal. Maka dari itu, harus dilakukan peningkatan ingatan agar nantinya memorinya meningkat.

Akupuntur Bisa Mengurangi Stres dan Meningkatkan Memori

Sebuah studi baru mengukur bahwa akupunktur secara biokimia mengurangi kehilangan ingatan karena stres kronis. Peneliti menerapkan akupunktur pada titik akupunktur P6 (Neiguan, Inner Pass). P6 terletak kira-kira dua cun * proksimal ke pusat lipatan pergelangan tangan pada permukaan anterior lengan bawah. Para peneliti mengukur perubahan biokimia dan perilaku pada tikus laboratorium. Ditemukan bahwa stimulasi akupunktur di P6 meningkatkan aktivitas reaksi kimia AchE (acetylcholinesterase) di otak.

AchE adalah enzim yang mengubah neurotransmitter asetilkolin menjadi kolin dan asetat dan memainkan peran penting dalam transmisi sinaptik. Studi ini menunjukkan bahwa tikus yang terpapar stres ringan kronis (CMS) memiliki aktivitas AchE yang secara signifikan lebih rendah di hippocampus otak. Ditemukan bahwa akupunktur di P6 meningkatkan reaktivitas kimia AchE di hippocampus dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Para peneliti juga melakukan tes penghindaran pasif (PAT) untuk membandingkan temuan biokimia dengan pemeriksaan perilaku. Kelompok akupunktur berkinerja lebih baik daripada kelompok kontrol untuk PAT. Para peneliti menyimpulkan bahwa akupunktur di P6 meningkatkan memori, meningkatkan reaktivitas AchE di hippocampus dan mengembalikan pembelajaran dan memori setelah gangguan biokimia dan perilaku akibat stres ringan kronis.