Akupuntur Bisa Meningkatkan Melatonin Untuk Tidur – Akupunktur telah terbukti efektif untuk mengurangi insomnia dalam penelitian modern. Beberapa investigasi menghasilkan temuan klinis yang penting. Bagian pertama dari penelitian yang tercakup dalam artikel ini menemukan akupunktur lebih unggul daripada kontrol plasebo. Studi kedua menemukan akupunktur efektif untuk memperbaiki tidur, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan sekresi endogen neurohormonal melatonin.

Akupuntur Bisa Meningkatkan Melatonin Untuk Tidur

Dalam meta-analisis dari 1.108 pasien, akupunktur ditemukan lebih unggul daripada kontrol palsu / plasebo untuk meningkatkan kualitas tidur. Studi ini menghitung total waktu tidur, latensi onset tidur, efisiensi tidur, dan bangun dari tidur setelah onset. Skor indeks kualitas tidur Pittsburgh (PSQI) digunakan untuk memverifikasi hasil. Beberapa gaya terapi akupunktur telah diperiksa. Aurikuler, akupunktur gaya tubuh standar, dan elektroakupunktur semuanya terbukti efektif secara terapi.

Investigasi lain yang diterbitkan dalam Journal of Neuropsychiatry and Clinical Neurosciences oleh para peneliti dari University of Toronto (Ontario) dan pusat kesehatan mental dan tidur tambahan (Toronto, Ontario) menemukan akupunktur efektif untuk pengobatan insomnia dan kecemasan. Para pasien tidak menggunakan herbal, obat-obatan, agen hormonal, atau intervensi lainnya. Hanya dengan menggunakan akupunktur, pasien dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan sekresi melatonin endogen (aMT6).

DIDUKUNG OLEH:

Sebanyak 10 perawatan akupunktur diberikan selama periode lima minggu. Perbaikan terjadi pada kontinuitas tidur, arsitektur tidur, tingkat kelelahan, dan kesejahteraan emosional. Tim peneliti mengukur peningkatan sekresi melatonin nokturnal, pengukuran polisomnografi onset tidur, indeks gairah, total waktu tidur, dan efisiensi tidur. Penurunan skor kecemasan yang signifikan juga ditemukan.

Peningkatan level melatonin di malam hari paralel dengan peningkatan kualitas tidur. Para peneliti mencatat bahwa “akupunktur meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan dan memiliki efek signifikan pada kecemasan karena itu patut diperhatikan.” Mereka menambahkan, “akupunktur terbukti bermanfaat sebagai intervensi terapeutik untuk insomnia pada subjek yang cemas dan oleh karena itu dapat menjadi alternatif terapi farmasi untuk beberapa kategori pasien.”

BACA JUGA  Apakah Pijat dan Akupuntur Aman Selama COVID-19 ?

Dalam penyelidikan terkait, para peneliti Emory University dan Atlanta VA Medical Center menemukan akupunktur efektif untuk pengobatan gangguan tidur bagi para veteran dengan PTSD dan cedera otak. Para peneliti menyimpulkan bahwa akupunktur menghasilkan perbaikan yang signifikan dalam parameter tidur subjektif dan objektif untuk veteran dengan cedera otak traumatis ringan (mTBI). Ini termasuk veteran dengan PTSD (gangguan stres pasca-trauma). Para peneliti mencatat bahwa “akupunktur memberikan bantuan yang berarti untuk masalah yang sangat bandel yang mempengaruhi sebagian besar populasi veteran.”