Akupuntur Dan Herbal Untuk Mengatasi Endometriosis – Endometriosis ini terjadi pada kaum wanita, dimana terjadi kondisi jaringan yang membentuk lapisan pada dinding rahim tumbuh di luar rahim. Dalam dunia medis, jaringan ini biasa disebut dengan endometrium. Biasanya akan tumbuh di indung telur, tuba falopi, usus, vagina hingga di rektum (bagian akhir usus yang terhubung ke anus).

DIDUKUNG OLEH:

Ketika waktu sebelum mentruasi, endometrium mulai menebal untuk menempelnya sel telur yang sudah dibuahi. Ketika tidak sedang hamil, endometrium akan lurah dan keluar sebagai darah menstruasi. Endometriosis ini ada beberapa stadium, mulai dari minimal, ringan, menengah dan berat. Ini tergantung dari lokasi, ukuran, jumlah dan kedalaman lapisan.

Ad berbagai penyebab yang membuat hal ini muncul. Seperti karena adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh, hingga aliran darah menstruasi yang ternyata berbalik arah.Gejala yang akan muncul berupa, nyeri pada perut bagian panggul dan bawah. Kemudian volume darah yang lebih ketika menstruasi, dan sakit daat buang air besar maupun kecil.

Akupuntur Dan Herbal Untuk Mengatasi Endometriosis

Para peneliti dari Universitas Pengobatan Tradisional Cina Nanjing dan Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Cina Haian menemukan akupunktur dikombinasikan dengan herbal yang efektif untuk mengurangi endometriosis. Dua kelompok pasien dibandingkan dalam uji klinis enam bulan.

Satu kelompok menerima Pengobatan Tradisional Cina (akupunktur dan herbal) dan kelompok lainnya menerima mifepristone (RU-486®, steroid sintetis yang menghambat aksi progesteron, digunakan untuk pengobatan endometriosis atau sebagai abortifacient).

Ultrasonografi untuk mendeteksi endometrioma dan pertumbuhan selain tes darah (antigen kanker 125, antibodi anti-endometrium) digunakan untuk menentukan kemanjuran pengobatan. Hasil darahnya setara dan ultrasonografi menemukan terapi obat TCM dan mifepristone sama efektifnya untuk pengurangan endometrioma atau pertumbuhan lainnya.

Obat herbal menjadi pilihan yang tepat dan banyak digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Karena efek sampingnya memang sangat minim. Apalagi jika dikombinasikan dengan akupuntur. Titik akupuntur untuk mengatasi masalah ini berada di :

  • Zhongji (CV3)
  • Guanyuan (CV4)
  • Daheng (SP15)
  • Tianshu (ST25)
  • Wailing (ST26)
  • Zusanli (ST36)
  • Sanyinjiao (SP6)