Akupuntur Dapat Mengobati Gangguan Kecemasan

Akupuntur Dapat Mengobati Gangguan Kecemasan – Gangguan kecemasan adalah gangguan kejiwaan yang sering ditemui yang biasa juga dikenal dengan depresi. Secara khusus, orang di negara besar harus beradaptasi dengan berbagai hal. Dan perubahan yang cepat karena prevalensi gangguan kecemasan yang tinggi dalam populasi mereka. Ini karena mereka secara langsung atau tidak langsung terkena stres yang cepat dan kronis.

Penelitian menunjukkan bahwa antara 1-30 persen populasi global menderita suatu bentuk kecemasan. Ada 13 sub-klasifikasi gangguan kecemasan yang tercantum dalam Diagnostic and Statistical Manual terbaru (digunakan oleh profesional medis untuk mendiagnosis dan mengobati kondisi psikologis), dengan gejala dan manifestasi fisik yang sangat bervariasi.

Mulai dari sesak napas dan variasi detak jantung, hingga serangan panik besar-besaran dan melemahkan, sakit kepala, nyeri, dan insomnia. Penderita gangguan kecemasan memiliki atribut psikologis yang lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi lain.

Akupuntur sekarang sudah  umum digunakan dalam praktek klinis karena menguntungkan. Pengobatan ini tidak menimbulkan ketergantungan layaknya obat standar yang biasa digunakan untuk masalah ini.

- Advertisement -

Akupuntur Dapat Mengobati Gangguan Kecemasan

Autonomic nervous system (ANS), yang terdiri dari Sympathetic nervous system (SNS) dan parasympathetic nervous system (PNS), mengatur kondisi internal yang diperlukan untuk keberadaan (homeostasis). Informasi diterima dari tubuh dan lingkungan luar dan respons dikirim oleh SNS, yang melepaskan sinyal rangsang, atau PNS, yang melepaskan sinyal untuk relaksasi.

Sinyal ini mengarahkan tubuh untuk bereaksi dengan cara yang sangat berbeda, seperti meningkatkan detak jantung dan kekuatan kontraksi, atau dengan mengurangi tekanan darah dan memperlambat detak jantung. Sangat menarik untuk mengetahui bahwa penelitian menunjukkan akupuntur mempengaruhi SNS dan PNS.

Salah satu ukuran paling sensitif dari kemampuan tubuh untuk mengatasi stres adalah sesuatu yang disebut Heart Rate Variability (HRV). Alih-alih berdetak secara konsisten dengan kecepatan yang sama seperti metronom, jantung mengubah detaknya berdasarkan respons yang disesuaikan dengan lingkungan.

BACA JUGA  Kenali Gejala dan Penyebab Migrain

HRV yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan kesehatan yang lebih baik di semua domain, termasuk kesehatan mental dan tingkat kecemasan yang rendah. Akupuntur telah terbukti meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatasi stres dengan meningkatkan HRV.

Ketika tubuh sedang stres, area otak yang disebut hipotalamus melepaskan zat kimia saraf,. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat menenangkan respons ini, informasi ini bersumber dari newindianexpress.com.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...