Akupuntur Dapat Mengobati Gangguan Kecemasan

Akupuntur Dapat Mengobati Gangguan Kecemasan – Gangguan kecemasan adalah gangguan kejiwaan yang sering ditemui yang biasa juga dikenal dengan depresi. Secara khusus, orang di negara besar harus beradaptasi dengan berbagai hal. Dan perubahan yang cepat karena prevalensi gangguan kecemasan yang tinggi dalam populasi mereka. Ini karena mereka secara langsung atau tidak langsung terkena stres yang cepat dan kronis.

Penelitian menunjukkan bahwa antara 1-30 persen populasi global menderita suatu bentuk kecemasan. Ada 13 sub-klasifikasi gangguan kecemasan yang tercantum dalam Diagnostic and Statistical Manual terbaru (digunakan oleh profesional medis untuk mendiagnosis dan mengobati kondisi psikologis), dengan gejala dan manifestasi fisik yang sangat bervariasi.

Mulai dari sesak napas dan variasi detak jantung, hingga serangan panik besar-besaran dan melemahkan, sakit kepala, nyeri, dan insomnia. Penderita gangguan kecemasan memiliki atribut psikologis yang lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi lain.

Akupuntur sekarang sudah  umum digunakan dalam praktek klinis karena menguntungkan. Pengobatan ini tidak menimbulkan ketergantungan layaknya obat standar yang biasa digunakan untuk masalah ini.

Akupuntur Dapat Mengobati Gangguan Kecemasan

Autonomic nervous system (ANS), yang terdiri dari Sympathetic nervous system (SNS) dan parasympathetic nervous system (PNS), mengatur kondisi internal yang diperlukan untuk keberadaan (homeostasis). Informasi diterima dari tubuh dan lingkungan luar dan respons dikirim oleh SNS, yang melepaskan sinyal rangsang, atau PNS, yang melepaskan sinyal untuk relaksasi.

Sinyal ini mengarahkan tubuh untuk bereaksi dengan cara yang sangat berbeda, seperti meningkatkan detak jantung dan kekuatan kontraksi, atau dengan mengurangi tekanan darah dan memperlambat detak jantung. Sangat menarik untuk mengetahui bahwa penelitian menunjukkan akupuntur mempengaruhi SNS dan PNS.

Salah satu ukuran paling sensitif dari kemampuan tubuh untuk mengatasi stres adalah sesuatu yang disebut Heart Rate Variability (HRV). Alih-alih berdetak secara konsisten dengan kecepatan yang sama seperti metronom, jantung mengubah detaknya berdasarkan respons yang disesuaikan dengan lingkungan.

BACA JUGA  Mengobati Asam Lambung Menggunakan Pijat Refleksi

HRV yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan kesehatan yang lebih baik di semua domain, termasuk kesehatan mental dan tingkat kecemasan yang rendah. Akupuntur telah terbukti meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatasi stres dengan meningkatkan HRV.

Ketika tubuh sedang stres, area otak yang disebut hipotalamus melepaskan zat kimia saraf,. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat menenangkan respons ini, informasi ini bersumber dari newindianexpress.com.

TERBARU

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....