Akupuntur Dapat Meredakan Nyeri Tumit Plantar – Plantar fasciitis, atau nyeri tumit plantar (PHP), menyebabkan sekitar satu juta kunjungan pasien ke dokter per tahun. Pasien biasanya menggambarkan nyeri di dekat tumit yang memburuk dengan langkah pertama hari itu atau setelah periode tidak aktif. Dalam praktik akupuntur, berbagai strategi digunakan untuk merawat PHP di area lokal atau distal.

Kemudian titik akupuntur standar, titik nyeri tekan, atau titik pemicu myofascial dengan atau tanpa elektroakupuntur. Pendekatan pengobatan yang berbeda terkadang kontradiktif, seperti penerapan moksibusi. Namun tidak ada konsensus mengenai pendekatan mana yang lebih efektif. Meskipun heterogenitas seperti itu telah merusak demonstrasi efektivitas akupuntur untuk PHP.

Akupuntur Dapat Meredakan Nyeri Tumit Plantar

Berikut ini adalah studi kasus di mana beberapa protokol akupuntur dan elektroakupuntur yang berbeda diterapkan untuk merawat pasien dengan PHP. Tetapi bantuan yang signifikan datang hanya setelah penggunaan protokol yang mencakup pasangan titik yuan-luo klasik. Pasien adalah seorang wanita aktif berusia 41 tahun dengan PHP, sumber dari newindianexpress.com.

Dia mengalami kekakuan dan rasa sakit yang terus-menerus di permukaan plantar kaki kirinya, tepat di bagian distal tumit, yang lebih parah di pagi hari. Rasa sakitnya tumpul dengan tingkat keparahan antara 3 dan 5 dari 10 pada skala peringkat numerik (NRS) dengan 10 sebagai nyeri terburuk. Nyeri dikurangi dengan tekanan yang diterapkan pada kaki plantar di daerah nyeri. Titik nyeri teraba di sepanjang betis kiri.

Pasien memiliki keluhan utama kedua yaitu nyeri punggung bawah sisi kiri (4 sampai 7 dari 10 pada NRS) dengan radiasi di tengah paha posterior yang berlangsung selama dua tahun. Rasa sakit akan datang setelah duduk lama dan berlangsung selama beberapa jam hingga sehari. Titik nyeri teraba di sisi kiri. Dia tidak menerima perawatan lain untuk PHP sebelum akupuntur.

PHP terletak di sepanjang jalur saluran ginjal di tumit plantar kiri. Fakta bahwa itu membaik dengan tekanan menunjukkan bahwa rasa sakit disebabkan oleh kekurangan saluran. Lima perawatan akupuntur diberikan dengan frekuensi satu perawatan per minggu dengan perawatan terakhir dua minggu kemudian. Pasien mengalami pembaikan setelah beberapa kali menjalani perawatan.