Akupuntur Diketahui Membantu Masalah Faringitis

Akupuntur Diketahui Membantu Masalah Faringitis – Akupuntur meredakan faringitis. Peneliti rumah sakit Southwest Medical University melakukan uji klinis terhadap 180 pasien dengan faringitis hipertrofik kronis. Pasien yang menerima akupuntur mengalami penurunan yang signifikan dalam kongesti mukosa faring, sensasi globus, gatal, dan kekeringan.

Akupuntur Diketahui Membantu Masalah Faringitis

Pasien yang hanya menerima akupuntur memiliki tingkat efektif total 95,6%. Pasien yang hanya menerima butiran Manyanshuning Qinghou Liyan, obat herbal Cina, memiliki tingkat efektif total 67,8%. Berdasarkan data, akupuntur mengungguli herbal butiran.

Kriteria inklusi terdiri dari kongesti dinding posterior faring, pembengkakan pembuluh darah, penebalan pilar, peningkatan sekresi mukus, pembesaran pita faring lateral, uvula memanjang dan hipertrofi. Selain itu, semua pasien masuk ke dalam tipe diagnostik diferensial dahak dan stasis darah, menurut TCM (pengobatan tradisional Tiongkok).

Kriteria eksklusi terdiri dari kehamilan, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung koroner, disfungsi koagulasi, paparan debu jangka panjang yang berbahaya, kerusakan akibat paparan gas berbahaya, penyakit refluks gastroesofageal, apnea tidur obstruktif, sindrom hipoventilasi, sindrom proses styloid, dan gangguan mental.

- Advertisement -

Untuk kelompok akupuntur, pengobatan diberikan pada hari alternatif selama dua minggu. Jarum filiform steril (panjang 0,5 cun hingga 1,5 cun) dimasukkan ke dalam titik akupuntur berikut:

CV23 (Lianquan)
CV6 (Qihai)
ST36 (Zusanli)
ST40 (Fenglong)
LV3 (Taichong)
LI4 (Hegu)
ST9 (Menolak)

Titik akupuntur Ashi (folikel limfoid retrofaring dan pita faring lateral)
Jarum dipertahankan selama 30 menit setelah mencapai sensasi deqi. Titik Zusanli, Qihai, dan Hegu juga diberikan akupuntur jarum hangat selama 15 menit. Setelah sensasi deqi diperoleh di Taichong, Fenglong, Lianquan, dan Renying, jarum di titik-titik ini dihubungkan ke perangkat elektroakupuntur, dengan gelombang intermiten, selama 30 menit.

BACA JUGA  Manfaat Akupuntur Untuk Kejang Otot

Untuk titik akupuntur ashi, dimasukkan 3-5 titik daerah folikel limfoid. Untuk pita faring lateral, jarum harus dimasukkan secara tegak lurus dan cepat hingga mencapai 1 mm di bawah permukaan kulit. Perdarahan ringan harus diperhatikan. Kelompok kontrol; namun, mereka diberikan butiran Manyanshuning Qinghou Liyan, yang diminum tiga kali sehari, selama dua minggu. Kelompok kontrol jamu tidak menerima akupuntur.

Tingkat efikasi dihitung berdasarkan sistem skor gejala. Gejala termasuk kongesti mukosa faring, sensasi globus, gatal, dan kekeringan dinilai. Ukuran hasil diklasifikasikan menjadi tiga kategori:

Pulih: gejala hilang atau skor gejala turun lebih dari 95%
Sangat efektif: skor gejala turun antara 70% dan 95%.
Efektif: skor gejala turun antara 30% dan 70%.
Tidak efektif: skor gejala turun kurang dari 30%.

Dalam kelompok akupuntur, 10 kasus pulih, 43 kasus efektif secara signifikan, 33 kasus efektif, dan 4 kasus tidak efektif, menghasilkan tingkat kemanjuran total 95,61%. Kelompok kontrol butiran herbal mencapai tingkat kemanjuran total 67,8%.

Berdasarkan temuan, para peneliti mencatat bahwa akupuntur aman dan efektif untuk mengurangi faringitis kronis hipertrofik. Mereka mencatat bahwa berdasarkan prinsip-prinsip TCM, akupuntur mengurangi dahak, menyebarkan penghalang, mengaktifkan qi dan kolateral, dan menghilangkan stagnasi, sumber healthcmi.com.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...