Akupuntur Efektif Untuk Menghilangkan Perut Kembung

Akupuntur Efektif Untuk Menghilangkan Perut Kembung – Akupuntur efektif untuk mengurangi distensi dan rasa penuh pada perut akibat gastritis kronis, dispepsia fungsional, dan gastroptosis. Peneliti Rumah Sakit Rakyat Yangjiang Guangdong melakukan uji klinis dan menetapkan bahwa tiga protokol perawatan terpisah efektif. Tiga pendekatan perawatan akupuntur meringankan Pi Man (痞满), yaitu perut kembung dan penuh karena gastritis kronis, dispepsia fungsional, dan gastroptosis.

Akupuntur Efektif Untuk Menghilangkan Perut Kembung

Peneliti menggunakan desain penelitian sebagai berikut. Sampel pasien terdiri dari 80 kasus yang dirawat di rumah sakit. Pasien secara acak dibagi menjadi dua kelompok. Untuk kelompok observasi, 27 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Rentang usia adalah 18 hingga 69 tahun, dan usia rata-rata adalah 49,38 ± 7,71 tahun. Perjalanan penyakit adalah 1 bulan sampai 8 tahun, dan perjalanan penyakit rata-rata adalah 2,37 ± 0,85 tahun: 17 kasus adalah gastritis kronis, 15 kasus dispepsia fungsional, dan 8 kasus gastroptosis.

Untuk kelompok akupuntur jarum hangat, 25 laki-laki dan 15 perempuan. Rentang usia adalah 25 sampai 75 tahun, dan usia rata-rata adalah 52,22 ± 8,04 tahun. Perjalanan penyakit adalah 3 bulan sampai 10 tahun, dan perjalanan penyakit rata-rata adalah 2,55 ± 0,80 tahun: 20 kasus adalah gastritis kronis, 13 kasus dispepsia fungsional, dan 7 kasus gastroptosis.

Kelompok pengamat obat menerima 20 mg tablet salut enterik natrium rabeprazole (penghambat sekresi asam lambung), setiap hari, dan satu obat farmasi tambahan. Pasien menjalani perawatan selama 14 hari. Kelompok lain diberi akupuntur jarum hangat tetapi tidak menerima obat. Untuk pasien dengan dispepsia fungsional, titik akupuntur berikut dipilih:

- Advertisement -

ST36 (Zusanli)
CV12 (Zhongwan)
PC6 (Neiguan)
LR3 (Taichong)
BL21 (Weishu)
PL20 (Pishu)
ST25 (Tianshu)
ST21 (Liangmen)
Untuk gastritis kronis, poin-poin berikut dipilih:

BACA JUGA  Efektifkah Akupuntur Untuk Atasi Batu Ginjal ?

ST36 (Zusanli)
CV12 (Zhongwan)
PC6 (Neiguan)
BL20 (Pishu)
BL21 (Weishu)
SP6 (Sanyinjiao)
CV4 (Guanyuan)
Untuk gastroptosis, poin-poin berikut dipilih:

ST36 (Zusanli)
CV12 (Zhongwan)
CV13 (Shangwan)
BL21 (Weishu)
ST25 (Tianshu)
CV6 (Qihai)
GV20 (Baihui)

Untuk sebagian besar poin, posisi terlentang diambil. Untuk Weishu dan Pishu, posisi lateral diambil. Untuk Zusanli, jarum dimasukkan secara tegak lurus, dengan panjang jarum 20-50 mm. Untuk Zhongwan, Shangwan, Qihai, Guanyuan, dan Tianshu, jarum dimasukkan secara tegak lurus, dengan panjang jarum 20-40 mm. Untuk Pishu dan Weishu, jarum dimasukkan secara tegak lurus, dengan panjang jarum 13-25 mm.

Untuk Liangmen, jarum dimasukkan secara tegak lurus, dengan panjang jarum 13-20 mm. Untuk Neiguan, jarum dimasukkan secara tegak lurus, dengan panjang jarum 13-25 mm. Untuk Taichong, jarum dimasukkan secara tegak lurus, dengan panjang jarum 13-20 mm. Untuk Sanyinjiao, jarum dimasukkan secara tegak lurus, dengan panjang jarum 25-40 mm. Untuk Baihui, jarum dimasukkan secara miring, dengan panjang jarum 20-50 mm.

Setelah sensasi deqi tercapai, jarum ditahan selama 30 menit. Selama 30 menit, moxa (panjang 2 cm) disambungkan ke ujung jarum. Tiga potong moxa diterapkan untuk setiap titik. Perlakuan diberikan selama 14 hari. Sistem penilaian gejala digunakan untuk mencatat dan menilai hasil pengobatan. Sistem ini menggunakan 3 level:

Tingkat 1: 10-28 poin
Level 2: 28-56 poin
Level 3: lebih dari 56 poin

Setelah selesai pengobatan, skor untuk kelompok akupuntur jarum lengan menurun secara signifikan dari 36,07 ±5,80 menjadi 11,72 ±3,60, sedangkan kelompok lain menunjukkan peningkatan yang lebih kecil dari 34,73 ±5,17 menjadi 25,08 ±5,51.

Penurunan nilai numerik sebanding dengan penurunan distensi abdomen dan rasa penuh. Studi menunjukkan bahwa akupuntur jarum hangat adalah protokol pengobatan yang efektif untuk perut kembung dan penuh yang disebabkan oleh gastritis kronis, dispepsia fungsional, dan gastroptosis, sumber healthcmi.com.

BACA JUGA  Migraine Foundation Merekomendasikan Perawatan Akupunktur

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...