Akupuntur Endometriosis Mengatasi Kesuburan Wanita

Akupuntur endometriosis adalah cara terapi yang bertujuan untuk mengatasi masalah endometriosis pada wanita. Endometriosis sendiri adalah kondisi ketika jaringan lapisan di dalam dinding rahim tumbuh di luar rahim.

Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai terapi pengobatan akupuntur untuk atasi masalah endometriosis.

Terapi Akupuntur Untuk Penderita Endometriosis

Penyakit endometriosis adalah suatu keadaan yang terjadi di rahim ketika jaringan lapisan di dalam dinding rahim mengalami kelainan. Jaringan endometrium ini seharusnya tumbuh di dalam dinding rahim, namun dalam kasus ini, jaringan ini justru tumbuh di luar rahim.

Jaringan endometrium ini dapat tumbuh di usus, indung telur, tuba falopi, vagina, atau di rektum. Endometrium ini merupakan jaringan yang akan luruh saat wanita mengalami menstruasi dan menebal saat sel telur sudah dibuahi.

Pada penyakit endometriosis, jaringan tersebut juga menebal di luar rahim, namun tidak dapat luruh dan keluar dari tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan nyeri pada wanita dan bahkan lebih parah lagi bisa menyebabkan kemandulan.

Seorang ahli akupuntur mengkombinasikan akupuntur dengan herbal untuk mengatasi masalah ini. Tujuan dari terapi ini adalah untuk mengurangi rasa nyeri, meningkatkan aliran darah ke rahim dan indung telur, mengurangi peradangan dan melakukan diet juga dapat menunjang penyembuhan lebih cepat.

Semua wanita bisa saja mengalami penyakit ini, dan biasanya remaja muda usia 16 tahun pun bisa terkena penyakit ini. Oleh karena itu, perlu adanya penanganan cepat untuk mengatasi masalah ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Cara Alami Obati Endometriosis

Selain melakukan terapi akupuntur, Anda bisa memanfaatkan bahan herbal yang mudah ditemukan untuk mengatasi penyakit ini, seperti:

1. Brokoli

Senyawa indoles dalam brokoli dapat membantu meningkatkan metabolisme estrogen, sehingga dapat mengendalikan kondisi endometriosis.

BACA JUGA  Ampuh! Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Jeruk Nipis

2. Jahe

Jahe merupakan bahan herbal yang bersifat anti peradangan. Anda bisa mengambil sedikit potongan jahe, lalu diparut dan dimasak hingga mendidih dengan air. Anda bisa mengkonsumsi ramuan ini ditambah dengan satu sendok teh madu dan dikonsumsi 2-3 kali sehari.

3. Minyak ikan

Asam lemak omega 3 dalam minyak ikan dapat membantu mencegah pertumbuhan sel endometrium. Untuk hasil maksimal, konsumsi satu sendok teh minyak ikan setiap pagi dan sore hari.

4. Chamomile

Cara mengkonsumsinya ialah dengan mengkonsumsi chamomile bubuk bersamaan dengan teh dan konsumsi selama 2-3 kali sehari.

5. Kunyit

Kandungan isi kurkumin pada bahan dapur ini memiliki sifat antiperadangan dan dapat mengobati endometriosis. Anda bisa mencampurkan satu sendok teh kunyit ke air mendidih, menambahkan bubuk jahe, satu sendok teh madu dan juga lemon. Ramuan ini bisa diminum sekali sehari.

Jadi, akupuntur endometriosis cukup efektif untuk mengatasi gejala yang muncul dan dengan mengkonsumsi ramuan herbal serta diet, dapat mempercepat penyembuhan penyakit ini.

TERBARU

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal dari Cina kuno. Ini adalah teknik pengobatan yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik spesifik pada...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik tradisional dan non-tradisional untuk membantu individu secara keseluruhan. Berbeda dengan jenis terapi lain, terapi holistik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat ini. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti harga yang lebih murah dan kurangnya efektivitas pengobatan medis....

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...