Akupuntur frozen shoulder merupakan salah satu manfaat dari terapi tradisional ini untuk mengatasi nyeri dan kaku di area bahu. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang sulit untuk menggerakkan bagian bahu bahkan hingga tidak dapat digerakkan sama sekali.

DIDUKUNG OLEH:

Kondisi kaku otot di area bahu ini tentu saja membuat aktivitas sehari-hari terganggu. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba melakukan terapi akupuntur untuk mengobatinya.

Keefektifan Akupuntur Frozen Shoulder

Akupuntur dikenal dengan ampuhnya mengatasi nyeri di bagian tubuh. Selain itu, terapi ini juga dapat membantu seseorang mempercantik dan memperbaiki tubuh mereka dan juga mengatasi depresi.

Begitu banyak manfaat yang didapatkan dari terapi ini, bahkan masalah kaku otot pun bisa diatasi menggunakan terapi tradisional ini. Umumnya, penyakit frozen shoulder bisa memburuk secara bertahap dan bisa berlangsung hingga 1-3 tahun.

Gejala yang ditimbulkan biasanya berlangsung menjadi 3 tahap, yaitu :

1. Bahu nyeri saat digerakkan dan pergerakan bahu menjadi terbatas. Hal ini bisa berlangsung selama 2 sampai 9 bulan.
2. Rasa nyeri berkurang, namun bahu menjadi lebih kaku dan tegang sehingga sangat sulit untuk digerakkan. Masalah ini biasa terjadi selama 4 bulan sampai 1 tahun.
3. Tahap terakhir adalah kondisi bahu membaik dan biasanya terjadi selama 1 sampai 3 tahun.

Penyebab penyakit ini bisa terjadi karena adanya jaringan parut yang membuat kapsul pelindung menebal dan menempel di sendi bahu. Belum di ketahui penyebab mengapa jaringan parut tersebut bisa terbentuk.

Penyakit ini biasanya terjadi pada seseorang yang berusia di atas 40 tahun, wanita, menderita penyakit sistemik dan orang yang tidak dapat bergerak dalam jangka waktu lama akibat sebuah penyakit seperti stroke dan lain-lain.

Frozen shoulder biasanya akan sembuh dengan sendirinya namun memerlukan waktu yang cukup lama. Selain itu, biasanya obat-obatan yang diberikan untuk pasien dengan penyakit ini adalah obat yang berfungsi untuk menurunkan gejalanya saja.

Akupuntur bisa membantu mengatasi masalah ini dengan cara menstimulasi titik tertentu yang ada di tubuh. Guna dari akupuntur ini adalah untuk menstimulasi titik yang nyeri dan memperbaiki serta membuat pasien menjadi rileks saat terapi.

Berdasarkan penelitian, akupuntur efektif mengatasi masalah ini terutama dalam mengobati rasa nyeri dan kaku otot. Terapi ini juga tidak hanya menggunakan jarum saja, terapis bisa memilih metode apapun yang cocok untuk mengatasi masalah pasien.

Jadi, peran akupuntur atasi frozen shoulder ini dianggap cukup efektif dan bisa dicoba selain mengkonsumsi obat medis. Dengan bantuan dari ahli terapis, Anda bisa menggerakkan bahu dengan leluasa kembali.