Terapi Akupuntur Frozen Shoulder Untuk Atasi Kaku Otot

Akupuntur frozen shoulder merupakan salah satu manfaat dari terapi tradisional ini untuk mengatasi nyeri dan kaku di area bahu. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang sulit untuk menggerakkan bagian bahu bahkan hingga tidak dapat digerakkan sama sekali.

Kondisi kaku otot di area bahu ini tentu saja membuat aktivitas sehari-hari terganggu. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba melakukan terapi akupuntur untuk mengobatinya.

Keefektifan Akupuntur Frozen Shoulder

Akupuntur dikenal dengan ampuhnya mengatasi nyeri di bagian tubuh. Selain itu, terapi ini juga dapat membantu seseorang mempercantik dan memperbaiki tubuh mereka dan juga mengatasi depresi.

Begitu banyak manfaat yang didapatkan dari terapi ini, bahkan masalah kaku otot pun bisa diatasi menggunakan terapi tradisional ini. Umumnya, penyakit frozen shoulder bisa memburuk secara bertahap dan bisa berlangsung hingga 1-3 tahun.

- Advertisement -

Gejala yang ditimbulkan biasanya berlangsung menjadi 3 tahap, yaitu :

1. Bahu nyeri saat digerakkan dan pergerakan bahu menjadi terbatas. Hal ini bisa berlangsung selama 2 sampai 9 bulan.
2. Rasa nyeri berkurang, namun bahu menjadi lebih kaku dan tegang sehingga sangat sulit untuk digerakkan. Masalah ini biasa terjadi selama 4 bulan sampai 1 tahun.
3. Tahap terakhir adalah kondisi bahu membaik dan biasanya terjadi selama 1 sampai 3 tahun.

Penyebab penyakit ini bisa terjadi karena adanya jaringan parut yang membuat kapsul pelindung menebal dan menempel di sendi bahu. Belum di ketahui penyebab mengapa jaringan parut tersebut bisa terbentuk.

Penyakit ini biasanya terjadi pada seseorang yang berusia di atas 40 tahun, wanita, menderita penyakit sistemik dan orang yang tidak dapat bergerak dalam jangka waktu lama akibat sebuah penyakit seperti stroke dan lain-lain.

Frozen shoulder biasanya akan sembuh dengan sendirinya namun memerlukan waktu yang cukup lama. Selain itu, biasanya obat-obatan yang diberikan untuk pasien dengan penyakit ini adalah obat yang berfungsi untuk menurunkan gejalanya saja.

BACA JUGA  Jangan Salah ini Perbedaan PMS dan Tanda-tanda Kehamilan

Akupuntur bisa membantu mengatasi masalah ini dengan cara menstimulasi titik tertentu yang ada di tubuh. Guna dari akupuntur ini adalah untuk menstimulasi titik yang nyeri dan memperbaiki serta membuat pasien menjadi rileks saat terapi.

Berdasarkan penelitian, akupuntur efektif mengatasi masalah ini terutama dalam mengobati rasa nyeri dan kaku otot. Terapi ini juga tidak hanya menggunakan jarum saja, terapis bisa memilih metode apapun yang cocok untuk mengatasi masalah pasien.

Jadi, peran akupuntur atasi frozen shoulder ini dianggap cukup efektif dan bisa dicoba selain mengkonsumsi obat medis. Dengan bantuan dari ahli terapis, Anda bisa menggerakkan bahu dengan leluasa kembali.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...