Masalah sulit tidur tentu sangat mengganggu dan membuat kondisi tubuh tidak sehat. Namun, tak perlu khawatir karena akupuntur insomnia bisa dijadikan saran pengobatan yang layak dicoba untuk atasi masalah ini.

DIDUKUNG OLEH:

Penyebab Insomnia

Insomnia merupakan suatu keadaan yang menyebabkan seseorang sulit tidur atau tidak cukup tidur. Gangguan ini bisa menyebabkan keadaan tubuh menjadi kurang sehat dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Gejala insomnia yang muncul biasanya ditandai dengan rasa mudah lelah saat beraktivitas, mengantuk di siang hari dan sulit fokus saat beraktivitas. Hal ini bisa disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, stres, depresi dan pengaruh obat tertentu.

Penyakit ini bisa dicegah dengan menghindari makan dan minum sebelum tidur, aktif di siang hari agar terhindar dari tidur siang dan menghindari minuman berkafein atau beralkohol.
Selain melakukan cara pencegahan di atas, insomnia bisa juga diatasi dengan melakukan terapi akupuntur.

Manfaat Akupuntur Untuk Penderita Insomnia

Di bawah ini terdapat beberapa titik akupresur untuk atasi insomnia, yaitu :

1. Persimpangan 3 yin

Terletak di kaki bagian dalam, tepatnya di pergelangan kaki. Caranya dengan meletakkan 4 jari di titik ini, lalu tekan dalam dengan gerakan memutar dan naik turun selam 4-5 detik.

2. Spirit gate

Terletak di lekukan pergelangan tangan bagian luar, tepatnya di bagian bawah jari kelingking. Tekan dengan lembut titik ini selama 2-3 menit dengan gerakan memutar, lalu tekan dan tahan di masing-masing bagian titik tersebut.

3. Bubbling spring

Terletak di telapak kaki bagian atas. Lakukan pijatan dengan posisi berbaring terlentang, lalu tekuk jari kaki ke dalam dan cari lekukan bagian atas telapak kaki, setelah itu tekan dalam lekukan itu selama beberapa menit dengan gerakan memutar.

4. Wind pool

Terletak di sisi kanan dan kiri leher bagian belakang. Cara memijatnya adalah dengan menekan titik ini menggunakan ibu jari, lalu pijat dengan gerakan naik dan turun atau memutar selama 4-5 detik sambil mengambil nafas dengan dalam.

Insomnia bisa diatasi dengan melakukan cara lain seperti rutin olahraga dan mandi air hangat atau melakukan terapi akupuntur insomnia. Jika insomnia terasa semakin parah, Anda bisa mengkonsultasikannya ke dokter untuk mencari langkah yang tepat.