Akupuntur Jadi Pilihan Untuk Mengatasi Jerawat – Bisakah akupuntur menyembuhkan jerawat? Banyak orang telah mencoba segalanya untuk membersihkan jerawatnya tetapi selalu kembali, seringkali lebih buruk dari sebelumnya sampai akhirnya menemukan akupuntur.

Akupuntur Jadi Pilihan Untuk Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang ditandai dengan bintik merah bergelombang yang biasanya muncul di wajah, dada, bahu, dan punggung atas. Meskipun ada banyak perawatan yang tersedia, kebanyakan tidak memberikan hasil yang diinginkan. Hal ini telah membuat banyak orang untuk mengeksplorasi pilihan mereka dan beralih ke akupuntur dan pengobatan tradisional Tiongkok.

Pertanyaannya adalah, seberapa efektif metode perawatan ini dibandingkan dengan menggunakan pembersih, krim, dan obat resep yang dijual bebas? Dalam artikel ini, kita akan melihat apakah akupuntur dan pengobatan Cina dapat membantu mengatasi jerawat berdasarkan penelitian dan bukti yang tersedia.

DIDUKUNG OLEH:

Penyebab jerawat

Folikel rambut di kulit Anda terhubung ke kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak untuk menjaga agar kulit tetap terlumasi. Jerawat berkembang ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak (sebum), sel kulit mati dan bakteri, yang menyebabkan peradangan. Beberapa faktor menyebabkan jerawat dan mungkin melibatkan satu atau lebih hal berikut:

  • Produksi minyak yang berlebihan.
  • Perubahan atau ketidakseimbangan hormonal.
  • Meningkatnya tingkat stres.
  • Pengobatan.
  • Kurangnya pembersihan kulit.
  • Penggunaan krim atau riasan berlebihan.
  • Lingkungan kerja yang berminyak mis. dapur.

Meskipun bukan kondisi yang mengancam jiwa, jerawat bisa menetap dan melemahkan ketika jerawatnya parah. Itu juga dapat menyebabkan luka permanen, tekanan emosional dan secara signifikan mempengaruhi harga diri seseorang. Seperti kebanyakan kondisi medis, pencegahan dan manajemen adalah kuncinya, sehingga penting untuk mencari nasihat kesehatan sejak dini.

Pengobatan Tradisional Cina (TCM) adalah sistem pengobatan alami yang berasal dari Cina dengan sejarah lebih dari 2.000 tahun. Ini berfokus pada perawatan kesehatan holistik seperti penggunaan jamu Cina dan akupuntur. Ide utama di balik TCM adalah ketika seseorang sakit, itu pertanda aliran ‘qi’ (energi) di dalam tubuhnya tidak seimbang. Tingkat dan pola yang tepat dari ketidakseimbangan ini bervariasi antara orang ke orang, sehingga menjadikan TCM metode pengobatan yang sangat personal.

BACA JUGA  Mengatasi Sesak Nafas Menggunakan Pijat Refleksi

Akupuntur adalah salah satu komponen TCM yang telah mendapatkan popularitas yang luas selama bertahun-tahun. Ini semakin banyak diadopsi oleh banyak negara Barat sebagai bentuk pengobatan alternatif untuk manajemen nyeri, pengurangan stres, dan bahkan gejala jerawat. Praktisi TCM berlisensi memasukkan jarum tipis dan steril ke berbagai area tubuh yang disebut titik akupuntur untuk merangsang aliran energi dan menghilangkan penyumbatan yang mungkin menyebabkan penyakit, sumber tcmcentre.com.au.

Hanya ada sedikit penelitian berkualitas baik tentang akupuntur khususnya dalam pengobatan jerawat di luar China. Akupuntur dapat membantu mengatasi gejala jerawat dengan:

  • Membantu pelepasan faktor vaskular dan imunomodulator yang membantu menurunkan peradangan.
  • Meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami dan mengatur jumlah dan rasio jenis sel kekebalan.
  • Tingkatkan mikrosirkulasi lokal yang membantu penyebaran pembengkakan.