Perawatan standar untuk fibromyalgia termasuk obat penghilang rasa sakit, antidepresan, dan obat anti-kejang. Ini dapat membantu mengurangi gejala seperti nyeri, kelelahan, dan insomnia.

Namun, bagi sebagian orang, obat-obatan ini mungkin tidak memberikan solusi yang sempurna. Sebuah laporan penelitian oleh Jesse and Julie Rasch Foundation menyatakan bahwa terkadang perawatan obat tidak efektif. Mereka juga dapat menyebabkan efek samping yang membuat mereka sulit untuk dipertahankan.

Para penulis menyimpulkan bahwa pendekatan terbaik adalah menggabungkan perawatan obat dengan jenis terapi non-obat atau “pelengkap” lainnya. Berikut ini beberapa kemungkinannya.

DIDUKUNG OLEH:

Akupuntur Jadi Salah Satu Solusi Untuk Fibromyalgia

Akupuntur

Akupuntur adalah bentuk kuno pengobatan tradisional Tiongkok. Jarum yang sangat tipis dimasukkan ke dalam kulit Anda di berbagai titik tubuh Anda. Ini digunakan untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk fibromyalgia. Banyak orang yang menganggap pengobatan ini begitu menyakitkan. Padahal, banyak keuntungan yang akan didapatkan nantinya.

Yoga

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat membantu meringankan gejala fibromyalgia. Para peneliti di jurnal Pain menautkan yoga dengan tingkat nyeri terkait fibromyalgia yang lebih rendah di antara peserta.

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Pain Research menemukan hasil yang serupa. Wanita dengan fibromyalgia yang mengikuti kelas yoga 75 menit dua kali seminggu selama delapan minggu melaporkan lebih sedikit rasa sakit pada akhir penelitian. Mereka juga memiliki kadar hormon stres kortisol yang lebih rendah dalam darah mereka.

Meditasi

Bisakah meditasi mengubah cara otak Anda memproses sinyal rasa sakit? Ahli reumatologi Australia Dr. Daniel Lewis berpendapat demikian. Dia menyarankan meditasi dapat mengubah cara fungsi otak Anda, membantu memperbaiki gejala fibromyalgia.

Sebuah tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam Laporan Nyeri dan Sakit Kepala Saat Ini juga menemukan bukti bahwa meditasi dapat meredakan nyeri terkait fibromyalgia. Ini dapat membantu menenangkan pikiran Anda dan menenangkan tubuh Anda, mempromosikan istirahat dan relaksasi yang dalam. Pada gilirannya, ini dapat membantu tubuh Anda menyembuhkan dirinya sendiri, sumber healthline.com.

BACA JUGA  Meredakan Nyeri Hemofilia Dengan Terapi Akupuntur

Anda bisa mencoba akupuntur atau pengobatan lainnya untuk segera mengatasi masalah tersebut. Pastikan Anda melakukannya secara rutin agar hasilnya maksimal.