Akupuntur Kulit Kepala Bisa Menyembuhkan Stroke Hermorgik – Stroke menjadi salah satu penyakit yang memang sangat dihindari. Banyak orang kehilangan nyawa setelah mengalami penyakit ini. Stroke hemoragik merupakan sebuah kondisi dimana pecahnya salah saty alteri pada otak yang menimbulkan pendarahan di bagian organ tersebut. Alhasil, aliran darah ke otak akan berkurang bahkan terputus.

DIDUKUNG OLEH:

Jika pasokan oksigen yang dibawa sel darah menuju otak tidak ada, maka sel otak bisa cepat rusak atau bahkan mati. Dan pada akhirnya, fungsi otak akan mengalami gangguan. Ada dua jenis pendarahan pada otak, yakni pendarahan intraserebral yang merupakan pendarahan akibat pembuluh darah pada otak pecah. Kemudian pendarahan subarachnoid yang merupakan pendarahan di bagian pembuluh darah ruang diantara lapisan pembuluh otak.

Jika mengalami stoke hemoragik, seseorang bisa mengalami gejala mual hingga muntah. Kemudian kejang, sakit kepala berat hingga kesadaran yang menurun. Gejala lain yang mungkin saja akan dialami seperti satu sisi tuh yang lumpuh, sulit berbicara hingga gangguan penglihatan.

Akupuntur Kulit Kepala Bisa Menyembuhkan Stroke Hermorgik

Sebuah studi akupunktur baru meninjau sejarah dan penelitian yang terkait dengan efek menguntungkan akupunktur kulit kepala untuk pengobatan perdarahan intraserebral (ICH). Para peneliti mencatat, “Bukti dari studi klinis menunjukkan bahwa terapi SA (scalp acupuncture) dapat menghasilkan manfaat yang signifikan bagi pasien dengan ICH akut.” ICH adalah jenis stroke yang berpotensi mengancam jiwa dengan tingkat kematian yang lebih tinggi dan tingkat kecacatan yang lebih tinggi daripada stroke iskemik.

Dalam penelitian pada manusia, pasien ICH menunjukkan respons yang cepat dan bermanfaat terhadap akupunktur kulit kepala dan akupunktur kulit kepala meningkatkan aktivitas listrik di otak setelah ICH. Para peneliti menyelidiki mekanisme akupuntur kulit kepala yang mencegah respons patofisiologis akibat ICH. CT (computerized tomography) menunjukkan bahwa akupunktur di GV20 (Baihui) dan Taiyang (EX-HN5) meningkatkan “tingkat abosorpsi hematoma.”

Penelitian juga menunjukkan bahwa titik kulit kepala GV20 dan GB7 (Qubin) mengurangi “edema otak.” Penelitian ICH menunjukkan bahwa akupunktur di GV20, GV26 (Shuigou), LI4 (Hegu), dan LR3 (Taichong) mempercepat “pelebaran edema otak dan mengurangi permeabilitas pembuluh otak dan kerusakan jaringan otak.” Penelitian ini juga menunjukkan bahwa electroacupuncture dari GV20 ke Taiyang mempromosikan perbaikan jaringan penghalang darah-otak.

Referensi : Evidence-Based Complementary and Alternative MedicineVolume 2012 (2012), Article ID 895032, 9 pages. doi:10.1155/2012/895032. History and Mechanism for Treatment of Intracerebral Hemorrhage with Scalp Acupuncture. Zhe Liu, Ling Guan, Yan Wang, Cheng-Long Xie, Xian-Ming Lin and Guo-Qing Zheng. The Third Clinical College of Zhejiang Chinese Medical University, Hangzhou. Department of Acupuncture and Moxibustion, General Hospital, Beijing. Center of Neurology and Rehabilitation, The Second Affiliated Hospital of Wenzhou Medical College, Wenzhou.