Akupuntur laktasi merupakan salah satu manfaat akupuntur yang berguna untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI ibu menyusui. Masalah ASI yang kurang kadang membuat para ibu mengeluh, sehingga cara terapi ini bisa dijadikan pengobatan alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.

DIDUKUNG OLEH:

Akupuntur Laktasi Untuk Lancarkan ASI

Seorang ibu menyusui yang memiliki kendala ASI yang sedikit pasti sangat membutuhkan cara agar ASI yang keluar mencukupi. ASI yang sedikit biasanya terjadi karena kondisi ibu yang stres atau tersumbatnya saluran ASI.

Bagi ibu menyusui yang memiliki masalah ini bisa mencoba melakukan terapi pengobatan akupuntur untuk melancarkan ASI yang keluar. Mengapa demikian? Karena akupuntur dapat merangsang titik sental dan lokal untuk ASI.

Dengan memberikan rangsangan yang tepat akan mempengaruhi perbaikan kerja fungsi dari hormon peningkat produksi ASI dan membuat produksi ASI dalam jumlah yang cukup.

Titik akupuntur yang biasa distimulasi berada di area tangan, telinga dan titik lokal payudara untuk membantu memproduksi ASI dalam jumlah maksimal. Terapi akupuntur untuk mengatasi masalah ini biasanya dibandrol dengan harga Rp.300.000 hingga Rp.400.000 dan dilakukan sebanyak 6 kali.

Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah ini bisa mencoba untuk melakukan terapi akupuntur dan tentu saja dengan konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Karena, dokter dapat melihat kondisi fisik dan kesehatan ibu dengan baik, sehingga bisa memilih cara yang tepat dan cocok untuk kondisi ibu.

Cara Pendukung Pemberian ASI

Kegiatan menyusui merupakan suatu hal yang lumrah dilakukan ibu kepada bayinya. Pemberian ASI pada bayi sangatlah penting, karena banyaknya khasiat yang bagus untuk perkembangan bayi di dalam ASI tersebut.

Namun, setiap ibu memiliki kondisi yang berbeda dan mengakibatkan adanya masalah ASI yang tersumbat atau kurang. Selain melakukan terapi, Anda bisa juga melakukan cara pendukung saat menyusui, seperti:

1. Menggunakan pompa ASI multifungsi
2. Menggunakan bra menyusui
3. Menggunakan baju untuk menyusui
4. Menggunakan nipple shield

Cara pendukung di atas bisa dilakukan oleh ibu menyusui saat sedang memberi ASI pada si kecil. Selain bermanfaat, penggunaan pakaian khusus ibu menyusui juga memudahkan sang ibu untuk memberikan ASI pada anaknya.

Jadi, jika Anda memiliki masalah laktasi, Anda bisa mencoba melakukan terapi akupuntur laktasi atau mencoba mengubah pola makan agar air susu bisa tercukupi dan kebutuhan si kecil terpenuhi.