Akupuntur merupakan sebuah proses merangsang tubuh yang bertujuan untuk mengobati suatu penyakit yang ada di dalam tubuh, lalu apa yang di maksud dengan akupuntur medis? Sejatinya akupuntur adalah salah satu pengobatan tradisional Cina yang efektif untuk menyembuhkan rasa nyeri yang timbul dari suatu penyakit, sedangkan akupuntur medis adalah istilah lain dari terapi akupuntur. Berikut ini penjelasan singkat mengenai akupuntur medis.

Pengertian Akupuntur Medis Adalah?

Akupuntur medis merupakan istilah yang menggambarkan akupuntur yang dilakukan oleh seorang dokter. Dokter yang melakukan akupuntur tersebut sudah menempuh pendidikan dokter dan juga menempuh pendidikan akupuntur, dokter tersebut mengambil akupuntur sebagai spesialisasi praktiknya.

Akupuntur medis yang dilakukan oleh dokter tersebut bisa menggunakan terapi tunggal atau komplementer saat sedang melakukan terapi sesuai dengan kebutuhan si pasien. Beberapa kasus penyakit ternyata lebih efektif di obati menggunakan akupuntur dibandingkan dengan pengobatan dokter konvensional.

WHO telah mengklaim beberapa kasus yang dapat di atasi menggunakan terapi akupuntur, yaitu :

  • Penyakit otot, tulang dan syaraf > sakit kepala, kesemutan, stroke, nyeri pinggang, osteoporosis, frozen shoulder, low back pain dan kelelahan kronis.
  • Penyakit pada pencernaan > gastritis, tukak lambung, penyakit pada usus, dan diare.
  • Gangguan pada hormon > obesitas, diabetes dan endometriosis.
  • Penyakit saluran kencing dan ginjal > gangguan kencing, ngompol, impotensi, dan infeksi saluran kencing.
  • Penyakit pernafasan > asma, bronkitis, nyeri tenggorokan, dan influenza.
  • Penyakit kewanitaan > keputihan, gangguan haid, gangguan menopause dan infertilitas.
  • Gangguan psikologis > insomnia, kecanduan, depresi, gangguan pada emosi dan anxiety

Perbedaan Akupuntur Medis dan Tradisional

Akupuntur medis dan tradisional memiliki perbedaan, khususnya terletak pada seseorang yang melakukan terapi tersebut. Akupuntur medis adalah pengobatan konvensional akupuntur yang dilakukan oleh tenaga medis atau dokter yang memang memiliki ilmu akupuntur. Sedangkan akupuntur tradisional adalah pengobatan tradisional komplementer yang dapat dilakukan oleh tenaga non medis.

Kelebihan dari akupuntur medis yaitu selain dapat mengobati nyeri, akupuntur medis juga dapat menyembuhkan dan mengendalikan berbagai kondisi medis seperti kelainan pada tulang dan otot.

Itulah penjelasan singkat mengenai akupuntur medis yang hanya dilakukan oleh dokter yang memiliki ilmu akupuntur dan kedokteran konvensional. Jika melakukan terapi akupuntur ini harus dipastikan bahwa seseorang yang melakukannya merupakan tenaga ahli yang kompeten agar aman dan hasilnya maksimal.