Akupuntur Membantu Efek Samping Pengobatan Kanker Ovarium – Anda pernah mendengar tentang akupuntur sebagai pengobatan tradisional Tiongkok. Ini sekarang menjadi cukup umum, dan terapi integratif yang cukup dipercaya. Melibatkan praktisi khusus yang memasukkan jarum tipis ke titik-titik tekanan tertentu di tubuh untuk membantu meringankan gejala.

Selama pengobatan kanker ovarium, akupuntur dapat digunakan bersamaan dengan pengobatan Anda. Digunakan untuk membantu kondisi seperti jaringan parut dan atau nyeri saraf yang dikenal sebagai neuropati. Yang penting, akupuntur tidak boleh menjadi pengganti perawatan yang diresepkan oleh dokter, melainkan sebagai pelengkap yang diberikan bersamaan dengan perawatan untuk membantu efek samping.

Akupuntur Membantu Efek Samping Pengobatan Kanker Ovarium

Dr. Mari Galle, ahli akupuntur berlisensi di Cancer Rehab & Integrative Medicine di Austin, Texas mengatakan bahwa akupuntur, bila diberikan pada titik-titik tekanan tertentu selama kemoterapi, dapat membantu mengurangi peradangan di usus dan menenangkan perut.

“Jadi, ketika orang mungkin merasa sedikit cemas atau mual selama kemoterapi atau hari-hari berikutnya, ada titik akupuntur tertentu yang sangat efektif dalam mengatasi masalah tersebut,” kata Dr. Galle.

Akupuntur, katanya, secara khusus dapat membantu mengatasi mual, muntah, diare, dan bahkan sembelit. Titik-titik tekanan di perut adalah yang terbaik untuk ini, begitu pula titik-titik tekanan di luar dan dalam pergelangan tangan dan tepat di luar lutut atau di bawah lutut.

“Ini dapat membantu mengatasi segala jenis kotoran atau sembelit yang terjadi bersamaan dengan kemoterapi,” kata Dr. Galle.

Selain itu, Dr. Galle mengatakan bahwa akupuntur dapat sangat membantu mengurangi kelelahan selama dan setelah perawatan kanker ovarium. Titik-titik tekanan akupuntur yang membantu mengatasi kelelahan terletak di bagian atas kepala serta di lengan dan kaki. Di sisi lain, ini juga dapat membantu mengatasi insomnia; banyak pasien yang menjalani perawatan, katanya, mungkin mengalami kesulitan tidur, informasi ini berasal dari survivornet.com.

“Jadi akupuntur melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menyeimbangkan tubuh dan pikiran sehingga mereka dapat benar-benar tidur sepanjang malam,” katanya.