Akupuntur Membantu Keberhasilan Promil, Bagaimana Cara Kerjanya?

Gangguan kesuburan kerap kali dialami pasangan yang sedang merencanakan proses kehamilan. Terapi akupuntur kini semakin populer untuk mendukung keberhasilan program kehamilan atau promil. Bagaimana cara kerjanya? Berikut dibahas manfaat dari akupuntur untuk program kehamilan atau promil.

Akupuntur adalah teknik kesehatan holistik yang berasal dari praktik pengobatan tradisional China, yang dilakukan oleh ahlinya dengan memasukkan jarum tipis ke dalam kulit.

Gunanya adalah untuk merangsang titik-titik tertentu pada tubuh, yang bermanfaat dalam kesehatan tubuh dan mengurangi berbagai penyakit yang ada.

Bagaimana Akupuntur Bisa Membantu Program Kehamilan atau Promil?

Akupuntur adalah bentuk pengobatan tradisional Tiongkok (TCM) yang melibatkan praktisi terlatih dengan memasukkan jarum tipis rambut ke dalam tubuh di berbagai titik akupuntur. Ini dapat digunakan untuk membantu mengobati banyak kondisi, termasuk infertilitas atau masalah kesuburan.

“Akupuntur bekerja dengan menyeimbangkan tubuh,” kata Wasfie seorang ahli akupuntur.

Saat menangani masalah hamil (baik secara alami atau dengan intervensi medis), tujuannya adalah untuk menghilangkan penyumbatan di dalam tubuh yang mungkin menghambat pembuahan, jelasnya.

Dia mencatat secara khusus bahwa dia percaya tantangan kesuburan yang dia lihat biasanya disebabkan oleh sirkulasi darah yang rendah, “rahim yang dingin,” kekurangan qi, dan emosi negatif.

Salah satu tanda rahim dingin adalah menstruasi yang selalu terlambat atau tertunda. “Anda ingin memiliki aliran darah hangat ke rahim,” katanya, dan akupuntur dapat meningkatkan aliran darah.

Alasan lain orang mungkin mencari akupuntur adalah karena, “orang mencari cara tambahan untuk meningkatkan peluang kehamilan di luar pengobatan tradisional,” kata Dr. Jain kepada Romper.

“Ada kepercayaan luas bahwa [akupuntur] dapat membantu meningkatkan energi, aliran darah, dan kemungkinan pembuahan secara keseluruhan.”

BACA JUGA  Akupuntur Rambut Untuk Rambut Rontok

Secara anekdot, Wasfie mengatakan bahwa hampir semua pasien yang dirawatnya menggunakan akupuntur untuk kesuburan akhirnya hamil.

“Akupuntur meningkatkan perawatan kesuburan dengan meningkatkan aliran darah ke ovarium dan rahim serta menyeimbangkan aktivitas tiroid tubuh untuk menciptakan jumlah hormon yang tepat selama kehamilan, membuat implementasi embrio lebih efektif,” kata Wasfie.

“Namun, manfaat akupuntur melampaui penyakit fisik. Ini juga dapat digunakan dalam pengobatan untuk stres, kecemasan, depresi, yang semuanya dapat disebabkan oleh perawatan kesuburan.”, sumber romper.com.

Akupuntur merangsang sistem saraf dan, pada gilirannya, meningkatkan produksi hormon dan neurotransmiter.

Peningkatan produksi zat ini di dalam tubuh juga mengaktifkan kemampuan penyembuhan alami tubuh untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Jika Anda mencari perawatan akupuntur, ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum menjadwalkan janji temu dengan praktisi. Berikut beberapa tips berguna untuk dipertimbangkan:

Temukan ahli akupuntur yang terlatih, berlisensi dan terkemuka. Perawatan akupuntur naturopati bermanfaat untuk berbagai kondisi, termasuk kemandulan.

Saat menjalani akupuntur, praktisi nantinya akan memberikan banyak tips untuk Anda. Ikuti tips dari mereka agar Anda bisa mendapatkan apa yang diharapkan. [AB]

TERBARU

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Viral Gegara Wanita asal Negeri Kangguru, Apa itu Kondisi Gigantomastia?

Belum lama ini, media memberitakan seorang wanita asal Australia...

Apakah Timur Tengah Menggeliat Jadi Destinasi Wisata Kesehatan Besar Masa Depan?

Timur Tengah di masa depan akan menjadi destinasi wisata...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin Hye, menyita perhatian publik ketika membagikan menu diet sehatnya, untuk mendapatikan kembali tubuh langsing. Melansir...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang telah digunakan selama ribuan tahun. Dari budaya Mesir kuno hingga Cina dan Timur Tengah, terapi...