Bisakah akupuntur membantu program diet? Bagi Anda yang memiliki kelebihan berat badan, pasti ingin menepis semua lemak yang ada di tubuh dengan cepat.

Selain bisa memicu berbagai penyakit, kelebihan berat badan juga bisa membuat seseorang tidak percaya diri yang bisa membuatnya susah untuk beradaptasi. Lalu, bagaimana cara akupuntur mengatasinya?

Manfaat Akupuntur Untuk Turunkan Berat Badan

Akupuntur tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi masalah nyeri saja. Gangguan kecemasan hingga masalah kecantikan diri juga bisa diatasi dengan bantuan akupuntur.

Menurut sebuah riset dalam Meical Acupuncture, metode terapi asal Cina ini jika dikombinasikan dengan diet 2000 kalori dan jalan kaki selama 15 menit setiap hari, dapat membantu mengatasi berat badan berlebih.

Peneliti membuktikan bahwa sesi akupuntur selama 15 menit dalam sehari, dapat membantu wanita menurunkan berat badan hingga 4,5 kilogram. Bahkan, wanita yang menggunakan akupuntur ini juga mengalami penurunan nafsu makan.

Akupuntur dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi nafsu makan, menurunkan stres, meningkatkan metabolisme dan mempengaruhi bagian otak yang merasa lapar.

Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, kenaikan berat badan disebabkan karena adanya ketidakseimbangan pada tubuh. Ketidakseimbangan ini disebabkan oleh gangguan fungsi limpa, hati, kelenjar tiroid, ginjal dan sistem endokrin.

Tips Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain menggunakan metode akupuntur, Anda juga bisa menerapkan beberapa tips yang bisa dicoba sehari-hari untuk membantu menurunkan berat badan, seperti:

– Jangan melewatkan sarapan
– Mengkonsumsi makanan kaya protein, serat, dan gizi
– Awali dengan meminum air mineral
– Rutin berolahraga dan banyak bergerak
– Mengganti makanan dari karbohidrat sederhana menjadi karbohidrat kompleks
– Makan malam dengan buah atau sayuran rebus
– Makan tepat waktu
– Tidur yang cukup
– Hindari stres dan berpikir positif

Tips di atas bisa Anda coba terapkan sehari-hari untuk menjaga berat badan Anda agar tidak obesitas. Anda juga bisa mengkombinasikan dengan akupuntur untuk mengatasi masalah obesitas tersebut.

Itulah manfaat dari kombinasi akupuntur membantu program diet yang bisa Anda coba agar diet Anda lebih maksimal dan mengalami penuruan yang lebih cepat dibandingkan dengan diet biasa.