Akupuntur Memberikan Penyembuhan Bagi Prostatitis – Prostatitis kronis adalah penyakit yang sering dijumlah, yang sering merusak sekresi prostat, menyebabkan hiperplasia prostat dan mengakibatkan gangguan fungsi seks. Sejak tahun 1987, telah digunakan akupuntur pada titik tertentu untuk merawat 100 pasien dengan prostatitis kronis dan memperoleh hasil terapi yang mengesankan, yang secara statistik berbeda dari hasil pada kelompok kontrol.

Secara keseluruhan, 142 kasus prostatitis kronis diamati dalam penelitian ini. Mereka dibagi menjadi kelompok perlakuan (100 kasus) dan kelompok kontrol (42 kasus). Para pasien dalam kelompok perlakuan berusia antara 20 hingga 73 tahun, menderita penyakit tersebut selama satu hingga 24 tahun dengan rata-rata 5,5 tahun. Tujuh puluh satu dari mereka sudah menikah dan 29 lainnya masih lajang. Sebanyak 42 kasus pada kelompok kontrol (kelompok akupuntur konvensional) berusia antara 20 hingga 66 tahun dan menderita penyakit selama satu hingga 23 tahun dengan rata-rata lima tahun. Pasien dalam kedua kelompok sebanding.

Akupuntur Memberikan Penyembuhan Bagi Prostatitis

Kelompok perlakuan: Akupuntur diberikan pada satu titik tertentu di tubuh dan ditahan selama 20 menit. Perawatan akupuntur ditawarkan sekali sehari dengan rencana 10 kali perawatan. Para pasien diberikan tidak lebih dari tiga kali.

DIDUKUNG OLEH:

Kelompok kontrol: Lima sampai enam titik akupuntur ditusuk dengan jarum. Kedua kelompok titik akupuntur tersebut ditusuk secara bergantian. Jumlah pengobatan sama dengan kelompok perlakuan.

Hasilnya dievaluasi berdasarkan “kriteria klinis untuk penyembuhan penyakit”.
Sembuh secara klinis: Gejala hilang setelah perawatan dan pemeriksaan mikroskopis menunjukkan cairan prostat normal selama tiga sesi pijat.
Efektif: Gejala membaik dan tes mikroskopis menunjukkan cairan prostat abnormal.
Tidak efektif: Tidak ada perbaikan yang terlihat pada gejala dan cairan prostat mikroskopis setelah perawatan.

BACA JUGA  Akupuntur Untuk Meredakan Nyeri Saraf Wajah

Dalam 100 kasus pada kelompok pengobatan, 48 sembuh secara klinis, 41 efektif dan 11 tidak efektif, dengan tingkat efektif total 89 persen. Dari 42 kasus pada kelompok kontrol, lima sembuh secara klinis, 21 efektif dan 16 tidak efektif, dengan total tingkat efektif 62 persen. Hasil terapi berbeda secara statistik antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Ini menunjukan bahwa akupuntur menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi masalah Prostatitis.