Akupuntur Mengurangi Hot Flashes Pada Wanita Menopause

Akupuntur Mengurangi Hot Flashes Pada Wanita Menopause – Akupuntur dapat membantu mengurangi keparahan hot flash. Kemudian gejala khas menopause pada hampir 50 persen wanita, sebuah penelitian menemukan.

Akupuntur Mengurangi Hot Flashes Pada Wanita Menopause

Akupuntur adalah sistem pengobatan alternatif di mana jarum halus dimasukkan ke dalam kulit pada titik-titik tertentu di sepanjang apa yang dianggap sebagai garis energi (meridian), yang digunakan dalam pengobatan berbagai kondisi fisik dan mental.

“Wanita yang terganggu oleh hot flashes dan keringat malam mungkin ingin mencoba akupuntur sebagai pengobatan yang relatif murah dan berisiko rendah,” kata penulis utama Nancy Avis, Profesor di Wake Forest Baptist Medical Center di North Carolina, AS.

Untuk penelitian tersebut, tim tersebut melibatkan 209 wanita perimenopause dan pascamenopause berusia antara 45 hingga 60 tahun yang rata-rata mengalami setidaknya empat hot flashes atau keringat malam per hari.
Wanita-wanita ini selanjutnya diacak untuk menerima hingga 20 perawatan akupuntur dalam enam bulan atau ke kelompok kontrol.

- Advertisement -

“Wanita yang mengalami penurunan hot flashes melihat manfaat yang dimulai setelah sekitar tiga hingga empat minggu perawatan mingguan,” Avis menambahkan.
Dari 170 wanita yang menerima akupuntur, sekelompok kecil wanita (11,9 persen) mengalami penurunan hot flashes sebesar 85 persen pada minggu kedelapan penelitian, kata Avis.

Empat puluh tujuh persen dari kelompok studi melaporkan penurunan 47 persen selama jangka waktu yang sama.

Namun, 37 persen hanya menunjukkan pengurangan minimal 9,6 persen dalam frekuensi hot flashes, sementara 4 persen melaporkan peningkatan 100 persen dalam hot flashes, para peneliti menyimpulkan dalam makalah yang diterbitkan dalam jurnal Menopause, sumber zeenews.india.com.

Akupuntur merupakan pengobatan yang berasal dari China dan saat ini sudah mendunia. Banyak negara saat ini sudah tersedia akupuntur, Anda juga bisa menjalani pengobatan ini di Indonesia.

BACA JUGA  Bisakah Akupuntur Meredakan Mulut Kering ?

Mungkin sebagian besar orang akan menganggap pengobatan ini menyakitkan. Ya, karena dalam prakteknya akan ada jarum akupuntur yang ditancapkan di beberapa tempat.

Tak heran jika banyak yang menganggap pengobatan ini begitu menyakitkan. Padahal, siapapun akan merasa rileks saat menjalani pengobatan ini tanpa adanya rasa sakit yang berarti.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...