Akupuntur merupakan pengobatan Cina yang efektif untuk mengatasi segala macam keluhan kesehatan manusia. Akupuntur otak merupakan salah satu alternatif pengobatan yang berhubungan dengan bagian otak manusia. Ingin tahu lebih lanjut? Berikut penjelasannya.

DIDUKUNG OLEH:

Peran Akupuntur untuk Otak

Akupuntur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, dengan memasukkan jarum pada bagian kanan tubuh diklaim dapat memberikan manfaat bagi sistem saraf dan otak.

Di bagian tubuh manusia, terdapat beberapa titik yang memiliki koneksi ke area penting di otak, seperti sistem limbik dan korteks. Saat melakukan terapi di titik akupresur ini, akan terjadi perubahan dalam sel dan meningkatkan koneksi, transmisi dan fungsi di area otak yang sudah ditargetkan.

Manfaat Akupuntur untuk Otak

Di bawah ini merupakan manfaat terapi akupuntur yang berguna untuk otak, yaitu :

1. Memori yang Lebih Baik

Terapi akupuntur dapat membantu orang tetap tenang mencapai keadaan istirahat yang stabil. Hal ini menyebabkan meningkatnya perhatian, pembelajaran dan ingatan pada otak.

2. Tidur Lebih Nyenyak

Terapi akupuntur bisa menyembuhkan insomnia dan membantu menempatkan otak dalam keadaan rileks serta dapat meningkatkan rasio neurotransmitter yang berguna untuk memperbaiki kualitas tidur.

3. Aliran Darah Serebral

Manfaat selanjutnya adalah membantu pertumbuhan pembuluh darah baru setelah stroke yang dapat meningkatkan aliran darah dan pengiriman oksigen ke otak.

4. Atasi Migrain

Akupuntur efektif mengobati migrain dengan cara memasukkan jarum ke beberapa titik di bagian belakang leher dan kepala yang berhubungan dengan saraf penyebab nyeri migrain.

Selanjutnya, bagi Anda yang ingin meningkatkan konsentrasi dan memori, bisa mencoba teknik akupresur di bawah ini:

a. Titik matahari

Berada di pelipis mata yang terletak dekat alis. Berikan sedikit tekanan pada titik ini selama 3 menit dan ulangi 3-4 kali sepanjang hari. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi dan melepaskan stres jika dilakukan secara rutin.

b. Titik kesibukan yang lebih besar

Terletak di antara jari jempol dan jari kedua kaki. Tekan jari pada area ini selama 3-4 menit dengan tekanan sedang dan ulangi 3-4 kali sehari.

Akupuntur otak merupakan sebuah terapi yang memberikan manfaat untuk otak dan dapat dilakukan di klinik terapi ataupun di rumah dengan melakukan pijatan dan menggunakan metode akupresur lainnya.