Akupuntur penambah nafsu makan merupakan salah satu manfaat dari terapi tradisional ini untuk mengatasi masalah kurangnya hasrat untuk makan. Masalah sulit makan merupakan masalah yang sepele namun jika hal ini terus terjadi, masalah serius dalam tubuh akan timbul.

DIDUKUNG OLEH:

Penyebab Penurunan Nafsu Makan

Masalah ini biasanya terjadi karena masalah psikis seperti stres berkepanjangan, banyak pikiran dan hal ini bisa menimpa siapa saja. Biasanya saat seseorang sedang sakit, nafsu makan akan berkurang dan orang tersebut akan mood kembali untuk makan saat sembuh.

Hal yang sangat mengkhawatirkan adalah nafsu makan berkurang pada orang yang sedang sehat dan terjadi selama lebih dari 3 hari. Hal ini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit dan tubuh menjadi kurang sehat karena kurangnya asupan di dalam tubuh.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penurunan nafsu makan, seperti :

1. Tidak melewatkan sarapan

Sarapan sangatlah penting karena tubuh sangat membutuhkan gizi yang cukup untuk memulai aktivitas sehari-hari. Hal ini biasanya sulit untuk dilakukan terlebih lagi jika seseorang tersebut sedang terburu-buru. Mulai saat ini ubahlah kebiasaan buruk Anda dengan membiasakan sarapan pagi agar aktivitas berjalan lancar. Bagi yang sulit makan, Anda bisa mencoba dengan porsi yang sangat sedikit agar tubuh memiliki asupan gizi.

2. Rajin olahraga

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, olahraga juga berguna untuk menambah nafsu makan karena setelah berolahraga tubuh akan merasa lapar dan haus.

3. Minum minuman penambah kalori

Anda bisa meminum susu protein atau susu penambah berat badan untuk meningkatkan nafsu makan.

Peran Akupuntur Tingkatkan Nafsu Makan

Berikut ini beberapa titik akupuntur untuk mengatasi masalah nafsu makan, yaitu :

1. Di bagian telapak kaki kiri dan kanan, merupakan titik refleksi kelenjar tiroid, serabut syaraf lambung dan organ lambung
2. Sekitar 4 jari di atas pusar dan 2 jari di samping kiri dan kanan pusar
3. Di bagian telapak tangan, merupakan titik refleksi lambung dan usus

Pijat setiap titik dengan tekanan sedang di setiap titik selama 1 menit. Terapi awal biasanya dilakukan 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut dan untuk anak-anak lakukan pijatan dengan perlahan.

Itulah salah satu solusi bagi susah makan dengan akupuntur penambah nafsu makan untuk anak-anak maupun dewasa yang berkeinginan untuk menambah berat badan agar sehat.