Apa yang dimaksud dengan akupuntur scoliosis? Scoliosis atau skoliosis merupakan kondisi tulang belakang yang melengkung. Hal ini tentu saja bisa berakibat serius jika dibiarkan. Lalu, bagaimana akupuntur mengatasinya?

Peran Akupuntur Untuk Penderita Skoliosis

Tulang belakang yang melengkung pada penderita skoliosis bisa berbentuk seperti huruf S atau C. Penyakit ini biasanya lebih sering ditemukan pada anak sebelum masa pubertas, atau sekitar umur 10-15 tahun.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini berbeda-beda, tergantung dari tingkat keparahan. Adapun gejala yang umumnya terjadi ialah:

– Salah satu bahu lebih tinggi
– Tubuhnya condong ke satu sisi
– Tinggi pinggang tidak rata
– Salah satu tulang belikat lebih menonjol

Jika tulang belakang mengalami lengkungan yang parah, tentu saja akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan jika kondisi ini dibiarkan, skoliosis bisa menyebabkan masalah lain di bagian pernafasan.

Biasanya penyebab dari penyakit ini ialah cedera pada tulang belakang, gangguan saraf dan otot, infeksi tulang belakang, bawaan lahir dan usia. Lalu, apakah akupuntur bisa menyembuhkan skoliosis?

Ada yang menduga bahwa akupuntur bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah skoliosis. Namun, hal ini dibantah oleh ahli fisioterapi dan anatomi bernama Labana Simanihuruk, B.Sc.

Ia menilai bahwa akupuntur hanya bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit yang muncul bagi penderita skoliosis. Oleh karena itu, kelainan pada tulang belakang ini tidak sepenuhnya bisa diatasi oleh akupuntur.

Penggunaan brace bisa dijadikan cara untuk memperbaiki struktur tulang belakang. Namun, hal ini tergantung pada usia dan keparahan dari penyakit yang dialami.

Pemakaian brace ini juga diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 2 tahun untuk bisa mengatasi kelainan pada bagian tulang belakang. Jadi, bagi Anda yang percaya bahwa akupuntur bisa sepenuhnya mengatasi skoliosis, itu salah.

Karena akupuntur hanya berfungsi sebagai cara menurunkan rasa sakit yang timbul, dan akupuntur tidak bisa digunakan untuk mengatasi tulang yang bengkok seperti penyakit skoliosis.

Itulah peran akupuntur scoliosis yang sebenarnya tidak bisa mengobati secara keseluruhan. Namun, akupuntur efektif untuk meredakan rasa sakit yang dialami oleh pasien.