Sinusitis merupakan suatu penyakit peradangan yang terjadi pada dinding sinus. Akupuntur sinusitis merupakan salah satu manfaat terapi akupuntur untuk mengobati masalah ini.

DIDUKUNG OLEH:

Peran Akupuntur Untuk Obati Sinusitis

Sinus, rongga kecil yang terhubung dengan saluran udara di dalam tulang tengkorak dan terletak di bagian belakang tulang dahi, kedua sisi batang hidung, bagian dalam struktur tulang pipi, dan belakang mata.

Penyakit sinusitis disebabkan oleh kuman dan rentan dialami oleh perokok atau orang yang sering berenang. Jika penyakit ini terjadi pada anak-anak, umumnya anak akan rewel, pilek, dan batuk.

Namun, jika hal ini terjadi pada orang dewasa, gejala yang akan muncul berupa nyeri pada wajah, pembengkakan di sekitar mata, menurunnya fungsi indra penciuman dan ingus berwarna kuning kehijauan.

Penyakit ini bisa diobati dengan melakukan pijat sinus, namun agar lebih aman, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Area sinus terletak berbeda-beda dan dibagi menjadi 4 bagian, seperti:

– Sinus maksila > terletak di belakang tulang pipi dekat rahang atas dan merupakan sinus terbesar
– Sinus ethmoid > di belakang hidung atau tepat di antara kedua mata
– Sinus frontal > di tengah dahi
– Sinus sphenoid > di pangkal hidung dan di antara sudut mata bagian dalam

Untuk mengatasi masalah ini dengan cara di pijat, Anda bisa menggunakan cara-cara di bawah ini, seperti:

1. Pijat sinus maksila

Sebelum memijat, gosokkan kedua tangan terlebih dahulu agar hawa panas keluar. Cara memijatnya ialah dengan menggunakan kedua jari telunjuk dan jari tengah dan pijat perlahan secara memutar selama 30 detik.

2. Pijat sinus sphenoid

Caranya ialah dengan menggunakan jari telunjuk dan tekan dengan kuat titik ini selama 15 detik. Setelah itu pijat memutar dari tengah kedua sudut mata ke arah bawah sepanjang hidung. Lalu ulangi gerakan ini selama 30 detik.

3. Pijat sinus frontal

Gunakan jari telunjuk dan jari tengah dari kedua tangan dan pijat secara perlahan dengan gerakan memutar keluar selama 30 detik. Lalu ulangi dengan gerakan memutar ke dalam dengan durasi yang sama.

Jadi, terapi pengobatan akupuntur sinusitis bisa dilakukan dengan cara memijat area tertentu dan sebelum itu jangan lupa untuk mengkonsultasikannya ke dokter terlebih dahulu agar pengobatan aman.