Akupuntur Ternyata Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma

Akupuntur Ternyata Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma – Peneliti menemukan lima minggu pengobatan akupuntur mengurangi jumlah kelainan struktural pada sperma dan meningkatkan jumlah keseluruhan sperma normal pada sekelompok pria dengan masalah infertilitas.

Mereka mengatakan hasil menunjukkan bahwa akupuntur dapat melengkapi perawatan infertilitas tradisional dan membantu pria mencapai potensi reproduksi penuh mereka.

Akupuntur Ternyata Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma

Diperkirakan 10% pria tidak subur, dan pasangan pria merupakan faktor hingga 50% pasangan tidak subur, tulis para peneliti. Dalam banyak kasus, penyebab infertilitas pria tidak diketahui.

Penelitian sebelumnya tentang akupuntur dan infertilitas pria telah menyarankan bahwa akupuntur dapat meningkatkan produksi dan motilitas sperma (ukuran pergerakan sperma).

- Advertisement -

Dalam studi ini, peneliti melihat efek akupuntur pada kesehatan struktural sperma pada pria dengan infertilitas yang tidak penyebabnya belum jelas. Temuan ini muncul di edisi Juli Fertility and Sterility.

Dua puluh delapan pria tidak subur menerima pengobatan akupuntur dua kali seminggu selama lima minggu, dan 12 tidak menerima pengobatan akupuntur karena sebagai kelompok pembanding.

Peneliti menganalisis sampel sperma pada awal dan akhir penelitian dan menemukan peningkatan kualitas sperma yang signifikan pada kelompok akupuntur daripada kelompok lain.

Pengobatan akupuntur memiliki kaitan dengan lebih sedikit cacat struktural pada sperma dan peningkatan jumlah sperma normal dalam ejakulasi. Tetapi kelainan sperma lainnya, seperti sperma yang belum matang atau kematian sperma, tidak terpengaruh oleh akupuntur.

Para peneliti menulis bahwa pengobatan akupuntur adalah metode non-invasif sederhana yang dapat meningkatkan kualitas sperma.

Akupuntur masih menjadi salah satu pengobatan tradisional yang paling banyak jadi pilihan. Tidak hanya di kawasan Asia saja, melainkan sudah ke Eropa bahkan Amerika. Hal ini karena pengobatan yang berasal dari Tiongkok ini memiliki hasil yang maksimal.

BACA JUGA  Tips Diet OCD Untuk Menurunkan Berat Badan

Telah banyak dilakukan penelitian mengenai akupuntur berkaitan dengan keefektifannya. Sebagian besar penelitian menunjukan hasil yang positif. Meskipun masih butuh lebih banyak penelitian untuk memastikan bahwa akupuntur ini bisa menjadi andalan. Di Indonesia sendiri, akupuntur sudah mulai populer. Banyak orang yang saat ini beralih pengobatan akupuntur.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...