Akupuntur Unilateral Mengurangi Nyeri Pasca Operasi – Akupuntur memperbaiki beberapa gangguan nyeri termasuk nyeri pasca operasi. Ini dapat membantu mengurangi kebutuhan analgesik pasca operasi. Banyak yang bertanya mengenai efektivitas akupuntur sebagai skema adjuvan yang mengurangi kebutuhan analgesia intraoperatif dan pasca operasi pada anak-anak yang menjalani adenotonsilektomi.

Akupuntur Unilateral Mengurangi Nyeri Pasca Operasi

Telah dilakukan penelitian mengenai hal ini. Penelitian ini adalah uji coba tunggal terkontrol secara acak yang dilakukan pada enam puluh anak yang dijadwalkan untuk adenotonsilektomi. Mereka secara acak dialokasikan ke grup intervensi yang menerima anestesi umum ditambah akupuntur atau grup kontrol yang menerima anestesi umum saja.

Hasil utama adalah pengukuran skor nyeri pasca operasi. Hasil sekunder termasuk pengukuran waktu untuk permintaan pertama analgesia pasca operasi, jumlah anak yang meminta analgesik pasca operasi dalam 2 jam pertama, kejadian komplikasi pasca operasi termasuk mual dan / atau muntah pasca operasi (PONV), dan agitasi darurat (EA).

DIDUKUNG OLEH:

Skor nyeri pada Wong-Baker FACES saat istirahat dan menelan secara signifikan lebih rendah pada kelompok intervensi dibandingkan pada kelompok kontrol pasca operasi. Waktu untuk permintaan pertama analgesia pasca operasi tertunda pada kelompok intervensi dibandingkan kelompok kontrol, dengan jumlah pasien yang lebih sedikit yang meminta analgesia tambahan selama 2 jam pertama pasca operasi. Agitasi pasca operasi lebih rendah pada kelompok intervensi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Namun, kejadian PONV tidak berbeda secara statistik antara kelompok studi.

Akupuntur kombinasi dengan anestesi umum pada anak-anak yang menjalani adenotonsilektomi memberikan kontrol nyeri pasca operasi yang lebih baik tanpa efek samping, sumber dovepress.com.

Akupuntur sejak lama menjadi pilihan banyak orang sebagai pengobatan alternatif. Hal ini didasari karena pengobatan ini sangat minim efek samping. Meskipun awalnya banyak yang khawatir dengan rasa sakit yang dianggap akan muncul. Namun sebagian besar justru merasa lebih rileks selama pengobatan.

BACA JUGA  Bagaimana Akupuntur Meredakan Alergi Musiman

Anda bisa mencoba akupuntur untuk mengobati berbagai hal. Menghilangkan rasa nyeri menjadi salah satu manfaat dari pengobatan yang berasal dari Tiongkok ini. Dan sampai saat ini banyak digunakan di berbagai negara.