Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Anak Autis

Efektifkah terapi akupuntur untuk anak autis? Autis terjadi karena adanya gangguan perkembangan nerobiologis yang berat dan terjadi pada anak. Masalah ini tentu saja harus segera diatasi karena menyangkut masa depan dari anak tersebut.

Keefektifan Akupuntur Untuk Anak Autis

Autis bisa terjadi dimulai dari usia 6 bulan dalam kandungan dan berlanjut di masa perkembangannya hingga dewasa. Hal ini tentu sangatlah penting untuk diperhatikan dan setiap orang tua ingin anaknya hidup normal.

Pada anak berkebutuhan khusus seperti autis, terapi perilaku sangatlah penting dan terapi ini bisa didampingi dengan terapi penyembuhan, yaitu dengan melakukan pijat saraf.

Menurut Dr. Sulistiyawati Hoedijono, MA. Akp yang merupakan seorang ahli massotherapi mengatakan bahwa terapi pijat anak autis efektif untuk melancarkan peredaran darah.

Pada prinsipnya, penderita autis memiliki ketidakseimbangan hubungan antara sel otak satu dengan lainnya. Berdasarkan teori akupuntur Cina yaitu tuina, fokus pijat pada anak autis terletak di bagian kepala, tengkuk, pangkal tulang kepala dan area puncak ke samping kepala yang tersambung ke telinga.

Selain bisa melancarkan peredaran darah, anak yang melakukan terapi akan mendapatkan sensasi rileks dan menciptakan keseimbangan tubuh. Keberhasilan dari terapi ini juga didukung oleh peran aktif orangtua dalam mengatasi masalah anaknya.

Dalam waktu 1 bulan, pasien yang mengalami masalah ini akan mendapatkan perkembangan yang cukup signifikan dan lebih baik lagi untuk dilakukan saat anak usia dini.

Tingkat keparahan dari autisme bermacam-macam, hal inilah yang menentukan level pemberian terapi pada anak autis. Satu sesi akupuntur bisa 10-12 kali dalam 1 minggu.

Jika autis sudah sangat parah, terapi bisa dilakukan sampai 3 sesi dan khasiat dari terapi ini pun akan segera terlihat. Selain itu, anak autis memiliki pantangan tertentu terhadapa makanan.

BACA JUGA  Melancarkan Haid Tidak Teratur Dengan Akupuntur

Pantangan Makanan Untuk Autisme

Selain sigap dalam melakukan pengobatan untuk anak penderita autis, orangtua juga harus mengetahui beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh anak autis, seperti:

– Makanan kaya kasein seperti makanan dan minuman susu, keju, yogurt dan susu hewan
– Makanan berbahan kedelai
– Makanan dengan ragi
– Bahan-bahan kimia
– Makanan mengandung gluten

Manfaat akupuntur untuk anak autis disarankan untuk dicoba karena memiliki efek yang lebih signifikan dibandingkan dengan melakukan pengobatan biasa. Selain itu, orangtua juga harus memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak autis agar bisa cepat disembuhkan.

TERBARU

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal dari Cina kuno. Ini adalah teknik pengobatan yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik spesifik pada...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik tradisional dan non-tradisional untuk membantu individu secara keseluruhan. Berbeda dengan jenis terapi lain, terapi holistik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat ini. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti harga yang lebih murah dan kurangnya efektivitas pengobatan medis....

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...