Tertidur dengan mengeluarkan suara merupakan dampak dari menyempitnya saluran pernapasan. Akupuntur untuk atasi dengkuran merupakan salah satu cara yang bisa dijalani untuk mengatasi masalah ini.

DIDUKUNG OLEH:

Peran Akupuntur Atasi Dengkuran

Ngorok atau mendengkur tentu saja membuat orang disekitarnya menjadi terganggu dan hal ini disebabkan oleh adanya penyempitan di saluran pernapasan. Kondisi ini disebabkan karena lemahnya otot tenggorokan dan di bawah ini beberapa penyebab dari mendengkur:

1. Tulang hidung bengkok
2. Kelainan bentuk wajah
3. Sleep apnea
4. Saluran pernapasan tersumbat
5. Pembengkakan amandel
6. Kelebihan berat badan
7. Penyakit gondok
8. Posisi tidur
9. Usia
10. Rokok dan alkohol

Mendengkur bisa membuat orang di sekitar menjadi terganggu dan tentu saja hal ini bisa beresiko pada kesehatan orang tersebut. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba salah satu terapi yaitu akupuntur.

Dalam masalah ini, akupuntur medis cocok untuk mengatasi masalah tidur mendengkur. Terapi yang dilakukan biasanya selama seminggu 2 kali dan bisa dilakukan bersamaan dengan melakukan spesialis THT untuk memeriksa saluran pernapasan.

Seiring berkembangnya zaman, Anda bisa menemukan dengan mudah gelang terapi akupuntur di berbagai situs online shopping. Harga yang ditawarkan biasanya sekitar Rp. 177.000 dengan manfaat kesehatan.

Namun, gelang ini belum mendapatkan keefektifan hasil yang signifikan, sehingga lebih baik Anda mengkonsultasikannya dahulu ke dokter untuk mengatasi dengkuran.

Cara Alami Atasi Dengkuran

Di bawah ini terdapat beberapa bahan alami yang bisa menyembuhkan dengkuran, yaitu:

a. Peppermint

Sifat anti-inflamasi dari peppermint membantu mengatasi pembengkakan di lapisan hidung. Cara memakainya ialah dengan menambahkan 1 sampai 2 tetes minyak ke dalam segelas air untuk berkumur.

b. Campuran teh jahe dan madu

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang bisa mengurangi dengkuran. Anda bisa meminum campuran teh jahe dan madu sebanyak 2 kali sehari untuk mengatasi tidur ngorok.

c. Susu kedelai

Susu sapi bisa menyebabkan dengkuran karena meningkatkan dahak. Hal ini terjadi karena protein tertentu dari susu sapi yang bisa menyebabkan alergi. Anda bisa menyiasati ini dengan mengganti susu sapi dengan susu kedelai.

Terapi akupuntur untuk atasi dengkuran bisa dijadikan salah satu cara untuk mengatasi kebiasaan ini. Selain terapi akupuntur, kebiasaan mendengkur juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi bahan alami yang mudah didapat.