Akupuntur adalah sebuah pengobatan kuno untuk mengatasi masalah kesehatan. Akupuntur untuk atasi sakit gigi merupakan salah satu manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan terapi ini.

DIDUKUNG OLEH:

Fungsi Akupuntur Untuk Obati Sakit Gigi

Dengan menggunakan pijatan dan tekanan dari tangan terapi, sakit gigi bisa diatasi dengan menekan titik tertentu yang ada di tubuh. Umumnya, penanganan yang biasanya dilakukan yaitu di titik penanganan pertama, titik antiinflamasi, dan titik meredakan nyeri rahang.

1. Titik penanganan pertama atau SI 18

Titik ini merupakan titik paling efektif untuk redakan sakit gigi. Terletak di bagian tepi bawah tulang pipi, turun dari sudut luar mata dan sejajar bagian bawah hidung. Caranya adalah menekan kuat menggunakan jari telunjuk dan jari tengah selama 1 menit sambil mengambil nafas dalam.

2. Titik anti-inflamasi atau LI 4

Menekan titik ini membantu mengatasi peradangan saat sedang sakit gigi. Terletak di titik tertinggi otot tempat ibu jari dan jari telunjuk bertemu. Caranya dengan menekan kuat dan memijatnya selama 4-5 detik sambil mengambil nafas dalam.

3. Titik redakan nyeri rahang atau ST 6

Menekan kuat dengan ibu jari selama 1 menit dapat menghilangkan rasa nyeri rahang saat sedang sakit gigi. Terletak di bagian tengah tulang rahang dan di otot yang menonjol saat gigi mengatup.

Obat Untuk Atasi Sakit Gigi

Selain melakukan terapi akupuntur, masyarakat biasanya menggunakan obat untuk mengatasi masalah sakit gigi yang muncul. Berikut ini beberapa obat alami ataupun dari dokter yang cocok untuk mengatasi masalah ini, yaitu :

Alami:

1. Air garam

Banyak orang mengatakan bahwa berkumur dengan air garam sangat ampuh untuk atasi sakit gigi. Mengapa demikian? Karena air garam merupakan desinfektan alami yang artinya dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

2. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri yang dipercaya dapat membantu atasi sakit gigi. Dengan mencincang bawang putih dan meletakkannya pada gigi yang sakit, sakit gigi akan segera sembuh. Namun, jangan terlalu lama meletakkannya di dalam mulut.

Medis:

1. Naproxen

Termasuk golongan OAINS yang dapat menghentikan rasa sakit gigi.

2. Paracetamol

Obat ini relatif aman digunakan oleh dewasa dan anak-anak, selain itu obat ini juga bisa mengatasi masalah sakit gigi dan meredakan demam.

Itulah manfaat akupuntur untuk atasi sakit gigi yang bisa Anda coba saat sedang mengalami masalah ini. Selain melakukan terapi, Anda bisa juga mengkonsumsi obat dari dokter atau menggunakan bahan alami untuk redakan nyeri gigi.